Hari/Tanggal : Kamis, 24 Juli 2025
Fase / Kelas : C / 6 A
Murid dapat memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; hubungan antar komponen biotic dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem; siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air; fenomena gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari; upaya penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya sebagai upaya mitigasi perubahan iklim;sistem tata surya dan kaitannya dengan rotasi dan revolusi bumi; letak dan kondisi geografis negara Indonesia melalui peta konvensional/digital; sejarah perjuangan npara pahlawan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya; keragaman budaya nasional yang dikaitkan dengan konteks kebinekaan berdasarkan pemahamannya terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlakudi wilayahnya; serta kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif dilingkungan sekitar.
Pada akhir fase C, Murid dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli
Good morning soleh solehah kelas VI di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak..
Adapun tujuan pembelajaran pada hari ini adalah 1.1 Murid dapat menjelaskan peran system peredaran darah,serta fungsi organ-organ yang terlibat dalam sistem peredaran darah dalam tubuh manusia untul materi IPAS dan Murid dapat mnghitung operasi perkalian pecahan pada mata pelajaran Matematika.
Materi IPAS
- serambi : menerima darah
- bilik memompa darah.
- Pada oval hitam tertulis kanan kanan kotor, kiri bersih
a. Pembuluh Darah Nadi atau Arteri
Pembuluh darah ini mengalirkan darah kaya oksigen ke seluruh tubuh, kecuali nadi paru-paru yang mengalirkan darah kaya karbondioksida
b. Pembuluh Darah Vena atau Pembuluh Darah Balik
Pembuluh darah ini mengalirkan darah kaya karbondioksida dari seluruh tubuh menuju ke serambi kanan jantung, kecuali vena paru-paru yang mengalirkan darah kaya oksigen
c. Pembuluh Darah Kapiler
Pembuluh darah ini merupakan pembuluh darah terkecil yang mengalirkan darah ke sel tubuh.
Lalu, apakah perbedaan antara Nadi dan Vena?
No. | Pembeda | Nadi | Vena |
1 | Letak | Di sebelah dalam | Dekat permukaan kulit |
2. | Dinding pembuluh darah | Tebal dan elastis | Tipis dan tidak elastis |
3. | Denyut | Terasa | Tidak terasa |
4 | Arah aliran | Meninggalkan jantung | Menuju jantung |
5 | Aliran darah jika terpotong | Memancar | Menetes |
3. Darah
Sel darah terdiri atas :
a. sel darah merah (eritrosit) yang berguna untuk mengangkut sari-sari makanan, oksigen dan karbondioksida
b. sel darah putih (leukosit) yang berguna sebagai antibodi atau pelindung tubuh dari serangan kuman dan penyakit
c. keping-keping darah (trombosit) yang berguna untuk proses pembekuan darah saat terjadi luka.
B. Aliran Darah / Peredaran Darah
Peredaran darah pada manusia merupakan peredaran darah tertutup karena mengalir melalui pembuluh darah
Peredaran darah pada manusia juga disebut peredaran darah ganda karena dalam satu kali peredarannya dua kali melalui jantung
Peredaran darah manusia ada empat macam yaitu
a. peredaran darah besar
b. peredaran darah kecil
c. peredaran darah kotor
d. peredaran darah bersih
Materi Matematika
Operasi Hitung Pecahan
1. Penjumlahan Pecahan
Untuk menghitung penjumlahan pecahan, terdapat dua cara yang digunakan, yaitu penjumlahan pecahan berpenyebut sama dan beda penyebut.
a. Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Sama
Untuk menghitung penjumlahan pecahan yang memiliki penyebut sama, kita hanya menjumlahkan pembilangnya saja, sedangkan penyebutnya tetap.
Contoh Soal
3/5 + 1/5 = …
Penyelesaian:
3/5 + 1/5 = (3 + 1) /5 = 4/5
b. Penjumlahan Pecahan Beda Penyebut
Untuk menghitung penjumlahan pecahan beda penyebut, maka kita harus menyamakan penyebutnya terlebih dahulu.
Contoh Soal
2/3 + 1/4 = …
Penyelesaian:
Untuk menyamakan penyebut pecahan, kita cari KPK dari 3 dan 4, maka diperoleh 12
Kemudian masing-masing penyebut pecahan diubah menjadi 12
2/3 = 8/12
1/4 = 3/12
8/12 + 3/12 = (8 + 3) /12 = 11/12
2. Pengurangan Pecahan
Untuk menghitung pengurangan pecahan juga terdapat dua cara yang digunakan, yaitu pengurangan pecahan berpenyebut sama dan beda penyebut.
a. Pengurangan Pecahan Berpenyebut Sama
Untuk menghitung pengurangan pecahan yang memiliki penyebut sama, kita hanya mengurangi pembilangnya saja, sedangkan penyebutnya tetap.
Contoh Soal
3/4 + 1/4 = …
Penyelesaian:
3/4 + 1/4 = (3 – 1) /4 = 2/4 = 1/2
b. Pengurangan Pecahan Beda Penyebut
Untuk menghitung pengurangan pecahan beda penyebut, maka kita harus menyamakan penyebutnya terlebih dahulu.
Contoh Soal
2/5 + 1/3 = …
Penyelesaian:
Untuk menyamakan penyebut pecahan, kita cari KPK dari 5 dan 3, maka diperoleh 15
Kemudian masing-masing penyebut pecahan diubah menjadi 15
2/5 = 6/15
1/3 = 5/15
6/15 – 5/15 = (6 – 5) /15 = 1/15
3. Perkalian Pecahan
Untuk menghitung perkalian pecahan, caranya adalah mengalikan pembilang dengan pembilang, serta penyebut dengan penyebut.
Contoh Soal
3/4 x 2/5 = …
Penyelesaian:
3/4 x 2/5 = (3 x 2) / (4 x 5) = 6/20 = 3/10
4. Pembagian Pecahan
Untuk menghitung pembagian pecahan, caranya yaitu membalikan pembilang jadi penyebut dan penyebut jadi pembilang pada bilangan pembagi. Kemudian mengubah operasi pembagian menjadi perkalian.
Contoh Soal
1/2 : 4/5 = …
Penyelesaian:
1/2 : 4/5 = 1/2 x 5/4 = (1 x 5) / (2 x 4) = 5/8
Latihan soal IPAS
1. Perhatikan gambar anatomi jantung berikut!
Fungsi dari bagian jantung dengan nomor 1 dan 3 berturut-turut adalah ....
2. Bilik kiri jantung berdinding lebih tebal daripada bagian jantung yang lain karena berfungsi ....
3. Pembuluh vena memiliki ciri di antaranya ....
4. Perhatikan ciri-ciri pembuluh darah berikut!
(1) Darah akan memancar keluar apabila terjadi luka.
(2) Arah aliran meninggalkan jantung.
(3)Letaknya dekat permukaan kulit.
(4) Dinding tebal dan elastis.
(5) Mempunyai satu katup.
Ciri-ciri pembuluh arteri yang tepat terdapat pada nomor ....KesimpulanPada pembelajaran matematika, pembelajaran dilaksanakan dengan menyenangkan. Media yg digunakan saat melakukan operasi hitung pembagian pecahan biasa dan bilangan bulat adalah dengan menggunakan roti kering. Guru menjelaskan konsep operasi perkalian pecahan dengan bilangan bulat dan sebaliknya kemudian murid meju kedepan kelas. Setelah seluruh murid mampu memahami konsep dan cara menghitung operasi tersebut kemudian guru melakukan pembagian pada media pembelajaran berupa roti yg dipotong sesuai dengan konsep yang diajarkan. Setelah siswa mampu memahami guru kemudian memberikan soal yang berkaitan dengan pembagian pecahan. Dari 17 murid, 3 murid masih kesulitan dalam menghitung pembagian pecahan biasa dengan bilangan.
Pada pembelajaran IPAS mula mula guru memberikan video tentang cara kerja jantung dan guru bersama murid menyimpulka yang sudah di simak dalam video dilanjutkan dengan guru membagi kedalam beberapa kelompok, dan masing masing kelompok mencari artikel di buku dan diperbolehkan untuk membuka handphone untuk pembelajaran. Setelah semua kelompok selesai, masing masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya tentang cara kerja jantung. Dari 17 murid, 2 murid masih kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan.Penutupkita telah belajar tentang sistem peredaran darah Dan dalam menghitung pembagian pecahan biasa dengan bilangan bulat.menghitung operasi perkalian pecahan, semoga ananda dapat memahami dengan baik ya nak aamiin
IPAS
1. Perhatikan gambar anatomi jantung berikut!
Fungsi dari bagian jantung dengan nomor 1 dan 3 berturut-turut adalah ....
2. Bilik kiri jantung berdinding lebih tebal daripada bagian jantung yang lain karena berfungsi ....
3. Pembuluh vena memiliki ciri di antaranya ....
4. Perhatikan ciri-ciri pembuluh darah berikut!
(1) Darah akan memancar keluar apabila terjadi luka.(2) Arah aliran meninggalkan jantung.
(3)Letaknya dekat permukaan kulit.
(4) Dinding tebal dan elastis.
(5) Mempunyai satu katup.
Ciri-ciri pembuluh arteri yang tepat terdapat pada nomor ....
0 komentar:
Posting Komentar