Kamis, 24 Juli 2025

Materi ajar, Kamis 24 Juli 2025

 


 Hari/Tanggal                 : Kamis, 24 Juli 2025

Fase / Kelas                    : C / 6 A

Muatan Pembelajaran     :   1. IPAS(Peredaran Darah dalam Tubuh Manusia )
                                            2. Matematika (Perkalian Pecahan)
                                   

Capaian Pembelajaran IPAS

Murid dapat memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; hubungan antar komponen biotic dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem; siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air; fenomena gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari; upaya penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya sebagai upaya mitigasi perubahan iklim;sistem tata surya dan kaitannya dengan rotasi dan revolusi bumi; letak dan kondisi geografis negara Indonesia melalui peta konvensional/digital; sejarah perjuangan npara pahlawan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya; keragaman budaya nasional yang dikaitkan dengan konteks kebinekaan berdasarkan pemahamannya terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlakudi wilayahnya; serta kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif dilingkungan sekitar.

Capaian Pembelajaran Matematika

Pada akhir fase C, Murid dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli


Good morning soleh solehah kelas VI di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

Saranghayuuu - Doa sebelum belajar 😊 | Facebook

Adapun tujuan pembelajaran pada hari ini adalah 1.1 Murid dapat menjelaskan peran system peredaran darah,serta fungsi organ-organ yang terlibat dalam sistem peredaran darah dalam tubuh manusia untul materi IPAS dan Murid dapat mnghitung operasi perkalian pecahan pada mata pelajaran Matematika.


Materi IPAS

Organ sistem peredaran darah pada manusia terdiri atas jantung, pembuluh darah, dan darah.

1. Jantung 
Jantung manusia terletak di rongga dada sebelah kiri. Secara umum, jantung berfungsi untuk memompa darah. Jantung pada manusia terdiri atas empat ruang yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri. seperti apakah ruangan jantung itu? 
Yuk perhatikan gambar tersebut, bagaimana cara menggunakannya?💁

a. Jantung manusia terdiri atas 4 ruangan, ada serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan dan bilik kiri.

b. Untuk memudahkan mengingat : 
Perhatikan gambarnya (box berwarna oranye dan oval hitam) di sana tertulis bahwa 
  • serambi : menerima darah
  • bilik memompa darah. 
  • Pada oval hitam tertulis kanan kanan kotor, kiri bersih 
Artinya : Serambi jantung berfungsi untuk menerima darah, sedangkan bilik jantung berguna untuk memompa darah
 
Jantung sisi kanan berisi darah kotor (kaya karbondioksida), sedangkan jantung sisi kiri berisi darah bersih (kaya oksigen)

sehingga fungsi bagian jantung adalah :
Serambi kanan : menerima darah kaya karbondioksida dari seluruh tubuh
Serambi kiri : menerima darah kaya oksigen dari paru-paru 
Bilik kanan : memompa darah kaya karbondioksida ke paru-paru
Bilik kiri : memompa  darah kaya oksigen ke seluruh tubuh

2. Pembuluh Darah 
Pembuluh darah pada manusia terdiri dari pembuluh darah nadi, pembuluh darah vena dan pembuluh darah kapiler

sumber gambar : google image

a. Pembuluh Darah Nadi atau Arteri 
Pembuluh darah ini mengalirkan darah kaya oksigen ke seluruh tubuh, kecuali nadi paru-paru yang mengalirkan darah kaya karbondioksida

b. Pembuluh Darah Vena atau Pembuluh Darah Balik
Pembuluh darah ini mengalirkan darah kaya karbondioksida dari seluruh tubuh menuju ke serambi kanan jantung, kecuali vena paru-paru yang mengalirkan darah kaya oksigen 
c. Pembuluh Darah Kapiler
Pembuluh darah ini merupakan pembuluh darah terkecil yang mengalirkan darah ke sel tubuh. 

Lalu, apakah perbedaan antara Nadi dan Vena? 
No.
Pembeda
Nadi
Vena
1
Letak
Di sebelah dalam
Dekat permukaan kulit
2.
Dinding pembuluh darah
Tebal dan elastis
Tipis dan tidak elastis
3.
Denyut
Terasa
Tidak terasa
4
Arah aliran
Meninggalkan jantung
Menuju jantung
5
Aliran darah jika terpotong
Memancar
Menetes

3. Darah 
Darah pada manusia terdiri atas plasma darah dan sel darah. Plasma darah terdiri atas cairan darah yang berisi bermacam-macam protein darah.

Sel darah terdiri atas : 
a. sel darah merah (eritrosit) yang berguna untuk mengangkut sari-sari makanan, oksigen dan karbondioksida
b. sel darah putih (leukosit) yang berguna sebagai antibodi atau pelindung tubuh dari serangan kuman dan penyakit
c. keping-keping darah (trombosit) yang berguna untuk proses pembekuan darah saat terjadi luka. 
B. Aliran Darah / Peredaran Darah 
Peredaran darah pada manusia merupakan peredaran darah tertutup karena mengalir melalui pembuluh darah

Peredaran darah pada manusia juga disebut peredaran darah ganda karena dalam satu kali peredarannya dua kali melalui jantung

Peredaran darah manusia ada empat macam yaitu 
a. peredaran darah besar
b. peredaran darah kecil
c. peredaran darah kotor
d. peredaran darah bersih 

Materi Matematika

Operasi Hitung Pecahan

1. Penjumlahan Pecahan

Untuk menghitung penjumlahan pecahan, terdapat dua cara yang digunakan, yaitu penjumlahan pecahan berpenyebut sama dan beda penyebut.

a. Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Sama

Untuk menghitung penjumlahan pecahan yang memiliki penyebut sama, kita hanya menjumlahkan pembilangnya saja, sedangkan penyebutnya tetap.

Contoh Soal
3/5 + 1/5 = …

Penyelesaian:
3/5 + 1/5 = (3 + 1) /5 = 4/5

b. Penjumlahan Pecahan Beda Penyebut

Untuk menghitung penjumlahan pecahan beda penyebut, maka kita harus menyamakan penyebutnya terlebih dahulu.

Contoh Soal
2/3 + 1/4 = …

Penyelesaian:
Untuk menyamakan penyebut pecahan, kita cari KPK dari 3 dan 4, maka diperoleh 12
Kemudian masing-masing penyebut pecahan diubah menjadi 12
2/3 = 8/12
1/4 = 3/12
8/12 + 3/12 = (8 + 3) /12 = 11/12

2. Pengurangan Pecahan

Untuk menghitung pengurangan pecahan juga terdapat dua cara yang digunakan, yaitu pengurangan pecahan berpenyebut sama dan beda penyebut.

a. Pengurangan Pecahan Berpenyebut Sama

Untuk menghitung pengurangan pecahan yang memiliki penyebut sama, kita hanya mengurangi pembilangnya saja, sedangkan penyebutnya tetap.

Contoh Soal
3/4 + 1/4 = …

Penyelesaian:
3/4 + 1/4 = (3 – 1) /4 = 2/4 = 1/2

b. Pengurangan Pecahan Beda Penyebut

Untuk menghitung pengurangan pecahan beda penyebut, maka kita harus menyamakan penyebutnya terlebih dahulu.

Contoh Soal
2/5 + 1/3 = …

Penyelesaian:
Untuk menyamakan penyebut pecahan, kita cari KPK dari 5 dan 3, maka diperoleh 15
Kemudian masing-masing penyebut pecahan diubah menjadi 15
2/5 = 6/15
1/3 = 5/15
6/15 – 5/15 = (6 – 5) /15 = 1/15

3. Perkalian Pecahan

Untuk menghitung perkalian pecahan, caranya adalah mengalikan pembilang dengan pembilang, serta penyebut dengan penyebut.

Contoh Soal
3/4 x 2/5 = …

Penyelesaian:
3/4 x 2/5 = (3 x 2) / (4 x 5) = 6/20 = 3/10

4. Pembagian Pecahan

Untuk menghitung pembagian pecahan, caranya yaitu membalikan pembilang jadi penyebut dan penyebut jadi pembilang pada bilangan pembagi. Kemudian mengubah operasi pembagian menjadi perkalian.

Contoh Soal
1/2 : 4/5 = …

Penyelesaian:
1/2 : 4/5 = 1/2 x 5/4 = (1 x 5) / (2 x 4) = 5/8

Latihan soal 

IPAS

1. Perhatikan gambar anatomi jantung berikut!

Fungsi dari bagian jantung dengan nomor 1 dan 3 berturut-turut adalah ....

2. Bilik kiri jantung berdinding lebih tebal daripada bagian jantung yang lain karena berfungsi ....

3. Pembuluh vena memiliki ciri di antaranya ....

4. Perhatikan ciri-ciri pembuluh darah berikut!

(1) Darah akan memancar keluar apabila terjadi luka.
(2) Arah aliran meninggalkan jantung.
(3)Letaknya dekat permukaan kulit.
(4) Dinding tebal dan elastis.
(5) Mempunyai satu katup.
Ciri-ciri pembuluh arteri yang tepat terdapat pada nomor ....
Kesimpulan
Pada pembelajaran matematika, pembelajaran dilaksanakan dengan menyenangkan. Media yg digunakan saat melakukan operasi hitung pembagian pecahan biasa dan bilangan bulat adalah dengan menggunakan roti kering. Guru menjelaskan konsep operasi perkalian pecahan dengan bilangan bulat dan sebaliknya kemudian murid meju kedepan kelas. Setelah seluruh murid mampu memahami konsep dan cara menghitung operasi tersebut kemudian guru melakukan pembagian pada media pembelajaran berupa roti yg dipotong sesuai dengan konsep yang diajarkan.  Setelah siswa mampu memahami guru kemudian memberikan soal yang berkaitan dengan pembagian pecahan. Dari 17 murid, 3 murid masih kesulitan dalam menghitung pembagian pecahan biasa dengan bilangan.

Pada pembelajaran IPAS mula mula guru memberikan video tentang cara kerja jantung dan guru bersama murid menyimpulka yang sudah di simak dalam video dilanjutkan dengan guru membagi kedalam beberapa kelompok, dan masing masing kelompok mencari artikel di buku dan diperbolehkan untuk membuka handphone untuk pembelajaran. Setelah semua kelompok selesai, masing masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya tentang cara kerja jantung. Dari 17 murid, 2 murid masih kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan.
Penutup
kita telah belajar tentang sistem peredaran darah Dan dalam menghitung pembagian pecahan biasa dengan bilangan bulat.menghitung operasi perkalian pecahan, semoga ananda dapat memahami dengan baik ya nak aamiin

0 komentar:

Posting Komentar