Jumat, 09 Agustus 2024

Materi ajar, Jumat 9 Agustus 2024

 



 

 

Day / Date:             :  Jumat, 9 Agustus 2024

Lesson                      : Tematik

Tema 1                      :  Selamatkan Makhluk Hidup

Subtema 3                : Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan
 
Pembelajaran           :  6
 

Muatan Pelajaran    :Pkn (3.1) dan B.Indonesia (3.1)


Tujuan Pembelajaran :  

1.  Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari.
2.Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
 
Apersepsi

Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VIB SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya di Tahun Ajaran Baru  2024/ 2025 baca doa belajar dulu ya nak.. 

  



Media pembelajaran 

Video (LCD PROYEKTOR)



RINGKASAN MATERI

Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 5 kemarin? 

bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.

Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 6 ini kita akan mempelajari tentang kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik dari dua negara ASEAN. 

Ayo Membaca

• Pada kesempatan ini, guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan menilai kesimpulan teman. 

• Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks yang ada pada buku pelajaran. Siswa membaca teks dalam hati. Guru memberikan waktu sekitar 2 menit.

Daun pandan adalah tumbuhan semak. Daun ini banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara. Di Indonesia, tanaman pandan disebut dengan nama pandan wangi atau pandan rampe. Penduduk Thailand menyebutnya dengan nama Bai Toey. Di Vietnam, daun pandan dikenal sebagai La Dua. Helai daun pandan berbentuk pita, tipis, licin, dan berujung runcing. Ukuran panjang daun adalah 40-80 cm dengan lebar 3-5 cm. Daun pandan berwarna hijau. Masyarakat memanfaatkan pandan sebagai rempah-rempah dan sebagai bahan baku pembuatan minyak wangi. Daunnya harum apabila diremas atau diiris-iris. Tanaman ini sering digunakan sebagai bahan penyedap, pewangi, dan pemberi warna hijau pada masakan.

 • Siswa kemudian membuat kesimpulan dan menukarkannya dengan teman sebelah. 

• Siswa menilai kesimpulan teman. Setelah itu, mereka saling mendiskusikan penilaian. Guru memberikan arahan kepada yang membutuhkan. 

• Kesimpulan dan komentar terhadap kesimpulan teman disampaikan kepada guru 

 

Ayo Berkreasi

• Siswa mengambil komik yang belum selesai. 

• Guru menginformasikan kepada siswa untuk menyelesaikannya. 

• Guru dapat memberikan motivasi atau bantuan apabila dibutuhkan. Guru dapat memastikan bahwa komik yang dibuat sudah sesuai dengan rubrik yang disampaikan di hari sebelumnya.

 • Setelah selesai dengan komiknya, siswa dapat menukarkannya kepada teman kelompoknya.


 Latihan Soal


1. Di bawah ini yang bulam termasuk cara membuat kesimpulan yang baik adalah ….

a. membaca teks dengan seksama
b. membaca teks dengan sekilas
c. menyimpulkan isi cerita
d. mencatat pokok pokok pikiran di tiap paragraf

Jawaban: membaca teks dengan sekilas

2. Di bawah ini yang termasuk ciri ciri kesimpulan yang baik, kecuali ….

a. dibuat berdasarkan ide pokok
b. berbeda dengan isi bacaan
c. berisikan pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca
d. berisikan inti sebuah teks

Jawaban: berbeda dengan isi bacaan. 

3. Tidak memaksakan kehendak dalam mengikuti musyawarah termasuk contoh sikap pengamalan nilai pancasila terutama sila yang ….
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

Jawaban: keempat.

4. Berikut ini contoh sikap yang mencerminkan pengamalan pancasila sila ketiga adalah….
a. membantu orang yang sedang mengalami kesusahan
b. lebih mengutamakan produk dalam negeri
c. memberi kesempatan pemeluk agama lain beribadah dengan khusu’
d. berlaku hemat dalam kehidupan sehari hari

Jawaban: lebih mengutamakan produk dalam negeri.

5. Sikap yang perlu diperhatikan ketika menyampaikan sebuah pendapat di dalam musyawarah adalah
a. memaksakan kehendak kepada orang lain
b. mengemukakan pendapat dengan sopan dan jelas
c. memotong pembicaraan orang lain
d. marah marah ketika pendapat kita tidak disetujui

Jawaban: mengemukakan pendapat dengan sopan dan jelas.

 

Kesimpulan:


Alhamdulillah kelas 6B dengan jumlah siswa 23 sebagian besar sudah memahami materi tentang penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca . 2 siswa belum memahami materi tentang karakteristik geografis ASEAN dan operasi hitung bilangan bulat. Tindak lanjut nya akan diberikan bimbingan mandiri kepada siswa agar materi yg disampaikan hari ini bisa dipahami oleh siswa tersebut.


 

Penutup

 semoga bermanfaat, besok kita bertemu lagi pada pembelajaran selanjutnya  ya nak.




0 komentar:

Posting Komentar