Hari/Tanggal : Senin, 26 Februari 2024
Kelas : 4A
Mapel : Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia
Peserta didik dapat mengenal lingkungan rumah, sekolah, lingkungan (RT/RW/desa/ kelurahan dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat menjelaskan makna Negara Kesatuan Republik Indonesia
๐๐Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia
Tujuan Pembelajaran :
v Peserta didik dapat mengidentifikasi dan memahami kata-kata baru pada teks;
v Peserta didik dapat menyampaikan pendapat tentang isi dan ilustrasi teks;
v Peserta didik dapat memahami kejadian dan perubahan perasaan tokoh dalam cerita; dan Peserta didik dapat menggunakan kalimat efektif
Pasal 1 ayat (1) dalam Undang-Undang Dasar tahun 1945 (UUD 1945) menegaskan bahwa Negara Indonesia merupakan suatu negara kesatuan yang berbentuk Republik. Maka itu, nama resmi dari Indonesia adalah NKRI.
Pentingnya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus dipahami oleh seluruh warga negara Indonesia. Sebab, menjaga keutuhan NKRI juga menjadi salah satu bentuk kewajiban dan hak setiap warga negara di Indonesia.
Salah satu faktor penting yang mendukung upaya mempertahankan keutuhan NKRI ialah menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Manfaat Persatuan dan Kesatuan dalam Bernegara Adanya keragaman bangsa Indonesia menjadi latar belakang terbentuknya NKRI yang berasaskan nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Nilai-nilai tersebut secara jelas tertuang dalam dasar negara pancasila dan konstitusi NKRI, yaitu Undang-Undang Dasar tahun 1945. Menjaga persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bernegara dapat memberikan berbagai manfaat sebagai berikut:
1. Keutuhan dan keamanan NKRI tetap terjaga
2. Memperkuat jati diri bangsa Indonesia
3. Mewujudkan kemajuan bangsa Indonesia di segala bidang
4. Mencptakan suasana tentram dan nyaman dalam bernegara
5. Mencegah perpecahan bangsa Indonesia.
Berikut contoh sikap menjaga keutuhan NKRI di berbagai lingkungan dalam kehidupan sehari-hari:
1. Lingkungan Rumah
a. Rukun dengan anggota keluarga yang lain.
b. Menjaga nama baik keluarga ketika bergaul dengan orang lain.
c. Tidak memaksakan kehendak kepada anggota keluarga yang lain.
d. Menghargai perbedaan pendapat.
e. Saling menghormati dan menyayangi dengan anggota keluarga yang lain.
2. Lingkungan Sekolah
a. Rukun dengan teman di sekolah.
b. Tidak membedakan-bedakan teman dalam bergaul.
c. Menghargai dan menghormati pendapat teman.
d. Menghormati guru.
e. Saling tolong-menolong dan berbagi dengan teman.
3. Lingkungan Masyarakat
a. Saling menghormati dengan anggota masyarakat lainnya.
b. Ikut serta dalam kegiatan gotong royong.
c. Menolong tetangga yang tertimpa musibah.
d. Tidak memaksakan kehendak kepada anggota masyarakat lainnya.
e. Menghormati dan menghargai hak orang lain.
4. Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
a. Melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
b. Menghormati dan menghargai keberadaan suku bangsa lain.
c. Melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
d. Tidak membeda-bedakan suku, agama, dan daerah.
e. Mau bekerja keras untuk membangun bangsa.
Materi Bahasa Indonesia
Kalimat Efektif
Kalimat efektif adalah kalimat yang disusun sesuai kaidah-kaidah kebahasaan
yang berlaku. Susunan kata, ejaan, tanda baca, atau strukturnya harus sesuai
dengan kaidah bahasa Indonesia.
Ciri-ciri kalimat efektif adalah:
• mengikuti aturan ejaan bahasa Indonesia;
• memiliki unsur kalimat (setidaknya subjek dan predikat) yang digunakan dengan
tepat;
• hemat kata, tidak bertele-tele; dan
• pesan yang disampaikan jelas, tidak membingungkan.
Kalimat Tidak Efektif
Kalimat tidak efektif adalah susunan kalimat yang penggunannya terlalu berlebihan.
Kalimat tidak efektif selalu berbelit-belit dalam penyampaian pesannya. Dalam
susunan kalimat tidak efektif, sering ditemui penggunaan ejaan dan struktur bahasa
yang salah.
Latihan
Pilihlah 5 buatlah 3 kalimat efektif menggunakan kata-kata pilihan kalian tersebut!
0 komentar:
Posting Komentar