Senin, 22 Januari 2024

Materi ajar, Senin 22 Januari 2024

 


Hari/Tanggal : Senin, 22 Januari 2024

Kelas : 4A

Mapel : Bahasa Indonesia & Pendidikan Pancasila

👉Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia :

Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Indonesia:
2.1 Mampu memahami tata cara menabung 

Fokus Materi : Membuat majas personifikasi
Capaian Penbelajaran Pendidikan Pancasila :
Peserta didik dapat mengenal lingkungan rumah, sekolah, lingkungan (RT/RW/desa/kelurahan dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.

Fokus materi: Peristiwa proklamasi NKRI dan wilayah NKRI.


Sebelum belajar marilah kita bersama sama untuk belajar


Materi Pendidikan Pancasila 

Apersepsi

Anak Soleh Solehah, masih ingatkah kalian pada materi Minggu lalu???
Minggu lalu kita sudah memasuki BAB baru di semester 2 tentang wilayah NKRI. Sekarang kita akan lanjutkan Materi tentang sejarah NKRI ya nak💪💪💪

Sejarah Terbentuknya NKRI

16 Agustus 1945

Pada saat dini hari, para pemuda membawa Soekarno beserta keluarga dan Hatta ke Rengasdengklok dengan tujuan agar Soekarno dan Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang. Wikana dan Mr. Ahmad Soebarjo di Jakarta menyetujui untuk memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia.

Maka itu diutuslah Yusuf Kunto menjemput Soekarno dan keluarga dan Hatta. Soekarno dan Hatta kembali ke Jakarta, awalnya ia dibawa ke rumah Nishimura baru kemudian di bawa kembali ke rumah Laksamana Maeda untuk membuat konsep kemerdekaan.

Teks Proklamasi pun disusun pada dini hari, yang diketik oleh Sayuti Malik.

17 Agustus 1945

Pagi hari di kediaman Soekarno, Jl. Pegangsaan Timur No. 56, Teks Proklamasi dibacakan tepat pada pukul 10:00 WIB dan dikibarkan Bendera Merah Putih yang dijahit oleh Istri Soekarno, Fatmawati. Peristiwa tersebut disambut gembira oleh seluruh rakyat Indonesia.

18 Agustus 1945

PPKI mengambil keputusan, mengesahkan UUD 1945, dan terbentuknya NKRI, serta terpilihnya Ir. Soekarno dan Moh. Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Isi Teks Proklamasi 1945

Berikut isi teks proklamasi yang telah dikonsep oleh Ir. Soekarno


Nah, sekarang kita simak video tentang penjajahan Belanda dan Jepang di bawah ini


Latihan soal 

1. Negara Indonesia ialah negara kesatuan yang berbentuk republik. Penyataan tersebut termuat dalam ....

2. Proklamasi kemerdekaan Indonesia dikumandangkan tanggal ....

3. Berdirinya NKRI ditandai dengan ...

4. Mengapa jepang menjajah Indonesia....

5. Berapa lama bangsa barat menjajah Indonesia...

Materi Bahasa Indonesia
Pengecekan Keaslian Uang

Materi bab lima juga menginformasikan terkait infografik mengecek keaslian uang dengan cara dilihat, diraba, dan diterawang. Pertama, melihat warna uang yang terlihat terang dan jelas, baik pada bagian depan maupun bagian belakang. 
Uang kertas mengandung benang pengaman seperti dianyam pada uang pecahan Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu. Khusus untuk pecahan Rp100 ribu dan Rp50 ribu akan berubah warnanya jika dilihat dari sudut pandang tertentu. Kedua, mengecek keaslian uang dengan cara diraba. Uang kertas memiliki permukaan yang kasar apabila diraba. Permukaan yang kasar ini dapat dirasakan pada berbagai pecahan uang kertas. 
Ketika, pengecekan keaslian uang dengan cara diterawang. Uang kertas memiliki tanda air (watermark) berupa gambar pahlawan dan ornamen pada pecahan tertentu. Tanda airnya berupa gambar pahlawan dan ornamen pada pecahan tertentu.
Penulisan angka dan nilai uang di Indonesia disusun dengan menyingkat Rupiah menjadi Rp dan penulisan angkanya ditempatkan tepat setelah Rp. Berikut penulisan angka dan nilai uang yang benar: 
Penulisan nilai uang dengan angka = Rp1.000.000.
Penulisan nilai uang dengan huruf = satu juta rupiah.

Simak video cara pengecekan keaslian uang



Nah, sekarang semua sudah mengetahui yaa, cara mengecek keaslian uang, sekarang kita akan bersama sama membuat celengan dengan menggunakan bahan bekas menggunakan bahan bahan yang sudah kita siapkan dari rumah✨✨

Kita simak video di bawah ini:



Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami  Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok  yaitu MTK dan Bahasa Indonesia . .



0 komentar:

Posting Komentar