Muatan Pembelajaran : 1. Matematika (Operasi hitung perkalian Pecahan)
2. Pendidikan Pancasila (Pancasila dalam kehidupanku)
3 Bahasa Indonesia (Struktur surat resmi dan surat Pribadi)
4. IPAS(Peredaran Darah dalam Tubuh Manusia)
Metode pembelajaran. : Kooperatif dengan media video
Capaian Pembelajaran Matematika
Pada akhir fase C,Murid dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli.
Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila
Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.
Capaian Pembelaaran Bahasa Indonesia
Pada akhir fase C, Murid mampu menganalisis informasi berupa fakta dan nilai-nilai dari berbagai jenis teks (fiksi dan informasional) yang disajikan dalam bentuk lisan maupun tulisan. Peserta didik berpartisipasi aktif dalam diskusi, serta mampu menulis teks naratif dan surat untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur.
Capaian Pembelajaran IPAS
Murid memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; hubungan antar komponen biotic dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem; siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air; fenomena gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari; upaya penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya sebagai upaya mitigasi perubahan iklim;sistem tata surya dan kaitannya dengan rotasi dan revolusi bumi; letak dan kondisi geografis negara Indonesia melalui peta konvensional/digital; sejarah perjuangan para pahlawan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya; keragaman budaya nasional yang dikaitkan dengan konteks kebinekaan berdasarkan pemahamannya terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlakudi wilayahnya; serta kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif dilingkungan sekitar.
Tujuan Pembelajaran Matematika
Murid dapat melakukan operasi hitung Perkalian pecahan
Tujuan pembelajaran Pendidikan Pancasila
Murid diharapkan dapat memahami dan menunjukkan hubungan nilai-nilai pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh dalam kehidupan sehari-hari
Tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia
Murid memahami tujuan, fungsi, dan struktur ujuan pembelajaran Bahasa Indonesia surat resmi dan surat pribadi (surel).
Tujuan Pembelajaran IPAS :
Murid dapat menjelaskan peran system peredaran darah,serta fungsi organ-organ yang terlibat dalam sistem peredaran darah dalam tubuh manusia
Materi Matematika
1. Perkalian Pecahan
Untuk menghitung perkalian pecahan, caranya adalah mengalikan pembilang dengan pembilang, serta penyebut dengan penyebut.
Contoh Soal 3/4 x 2/5 = …
Penyelesaian: 3/4 x 2/5 = (3 x 2) / (4 x 5) = 6/20 = 3/10
2. Pembagian Pecahan
Untuk menghitung pembagian pecahan, caranya yaitu membalikan pembilang jadi penyebut dan penyebut jadi pembilang pada bilangan pembagi. Kemudian mengubah operasi pembagian menjadi perkalian.
Contoh Soal 1/2 : 4/5 = …
Penyelesaian: 1/2 : 4/5 = 1/2 x 5/4 = (1 x 5) / (2 x 4) = 5/8
Materi Pendidikan Pancasila
Pancasila merupakan dasar negara dan juga ideologi negara Indonesia, memahami nilai-nilai pancasila adalah sebuah kewajiban bagi warga negara Indodnesia. Tidak hanya dipahami, nilai-nilai pancasila juga harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Berikut merupakan contoh-contoh penerapan Pancasila yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari :
1. Sila Pertama, Ketuhanan yang Maha Esa.
Berikut contoh penerapan sila pertama dalam kehidupan sehari-hari:
- Selalu bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa.
- Melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianut.
- Tidak memaksa seseorang untuk menganut agama tertentu.
- Selalu berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.
- Menghormati orang lain yang berbeda agama.
2. Sila Kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.
Berikut contoh penerapan sila kedua dalam kehidupan sehari-hari:
- Menghormati orang tua dan guru.
- Membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah.
- Menolong teman yang jatuh dari sepeda.
- Menjenguk teman yang sakit.
- Membantu korban bencana alam.
3. Sila Ketiga, Persatuan Indonesia.
Berikut contoh penerapan sila ketiga dalam kehidupan sehari-hari:
- Mengikuti upacara bendera dengan tertib.
- Melestarikan budaya daerah.
- Bermain dengan rukun.
- Tidak membeda-bedakan teman.
- Mencintai dan bangga menggunakan barang buatan Indonesia.
4. Sila Keempat, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan.
Berikut contoh penerapan sila keempat dalam kehidupan sehari-hari:
- Berdiskusi saat sedang kerja kelompok.
- Menyampaikan pendapat dengan baik dan sopan.
- Menghargai pendapat orang lain.
- Menerima hasil musyawarah dengan lapang dada.
- Menggunakan hak pilih dalam pemilihan umum.
5. Sila Kelima, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
Berikut contoh penerapan sila kelima dalam kehidupan sehari-hari:
- Tidak berbuat curang pada orang lain.
- Selalu menghargai hasil karya orang lain.
- Suka menabung dan tidak hidup boros.
- Melaksanakan hak dan kewajiban di rumah, sekolah, dan lingkungan lainnya dengan seimbang.
- Bergotong royong membersihkan rumah, kelas atau sekolah, dan juga lingkungan.
Materi Bahasa Indonesia
Pengertian Surat
Surat adalah sebuah pesan yang dikirimkan dari satu pihak kepada pihak lain melalui media tertulis. Jadi, surat akan melibatkan dua pihak ya, yakni pengirim surat dan penerima surat. Surat bisa berisi berbagai macam informasi, mulai dari undangan, pemberitahuan, permohonan, sampai dengan ekspresi perasaan. Dalam kehidupan sehari-hari, surat menjadi salah satu cara yang efektif untuk menyampaikan pesan, baik dalam konteks formal maupun nonformal. Seiring berkembangnya zaman, surat juga turut mengalami perkembangan jenis dan bentuk. Contohnya, sebelum ada alat elektronok seperti handphone, surat ditulis menggunakan kertas atau kartu. Namun sekarang, surat sudah banyak yang berbentuk chat/digital.
Jenis-Jenis Surat
Terdapat berbagai jenis surat sesuai dengan kebutuhan dan konteks pengirimannya. Secara umum, surat dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu surat pribadi (nonformal) dan surat resmi (formal).
Struktur Surat
Nah, baik surat resmi maupun surat pribadi, punya struktur yang berbeda, loh. Struktur surat ini harus kamu pahami baik-baik, agar tidak salah dalam membuat surat. Untuk memahami perbedaan keduanya, kamu bisa perhatikan penjelasan berikut:
A. Struktur Surat Resmi (Surat Formal)
Struktur surat resmi, umumnya terdiri atas beberapa bagian sebagai berikut:
1. Kepala Surat (Kop Surat)
Bagian ini berisi informasi tentang pengirim surat, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan email.
2. Tanggal
Bagian ini berisi tanggal penulisan surat atau tanggal surat tersebut dibuat.
3. Alamat Tujuan
Bagian ini berisi informasi tentang penerima surat, termasuk nama dan alamat lengkapnya.
4. Salutasi
Salutasi merupakan kata pembuka surat yang menunjukkan kepada siapa surat ditujukan, misalnya “Yth.” atau “Kepada”.
5. Isi Surat
Merupakan bagian utama yang berisi pesan atau informasi yang ingin disampaikan melalui surat tersebut.
6. Penutup
Bagian ini berisi kalimat penutup yang umumnya menyampaikan rasa terima kasih serta harapan dari penulis kepada penerima surat.
7. Nama dan Tanda Tangan Pengirim Surat
Bagian ini berisi nama pengirim surat, yang kemudian diikuti dengan tanda tangan pengirim surat. Umumnya, pada bagian ini, disertakan juga stempel resmi perusahaan atau organisasi untuk menunjukkan keaslian surat tersebut.
8. Lampiran
Jika ada lampiran atau dokumen yang disertakan, biasanya akan disebutkan pada bagian ini
Berikut contoh struktur surat resmi
B. Struktur Surat Pribadi
Berbeda dengan surat formal, struktur surat pribadi cenderung lebih sederhana. Berikut struktur surat pribadi secara umum:
1. Nama dan Alamat Penerima Surat
Bagian ini berisi nama dan alamat penerima surat, yang dituliskan bukan pada bagian dalam surat, melainkan pada bagian depan amplop surat. Struktur ini berfungsi sebagai informasi kepada siapa surat tersebut ditujukan. Selain itu, hal ini juga bisa membantu kurir untuk mengirimkan surat tersebut sesuai alamat yang benar.
2. Tempat dan Tanggal Surat
Bagian ini berisi keterangan tempat dan tanggal surat tersebut dibuat. Biasanya, tempat dan tanggal surat terletak di bagian kiri atas surat.
3. Salam Pembuka
Salam pembuka merupakan kalimat yang dituliskan di awal surat untuk membuka surat tersebut. Salam pembuka pada surat pribadi umumnya menggunakan kalimat atau kata sapaan yang santai dan bersifat nonformal, seperti “Halo”, “Apa kabar?”, dan sebagainya.
4. Paragraf Pembuka
Setelah menuliskan salam pembuka, struktur surat selanjutnya yaitu paragraf pembuka yang berisi pengenalan topik di dalam surat sebelum membahas lebih jauh mengenai isi surat.
5. Isi Surat
Isi surat merupakan bagian di mana penulis surat menyampaikan pesan, informasi, cerita, berita, atau topik-topik tertentu kepada penerima surat. Isi surat menjadi struktur yang paling penting karena merupakan inti dari keseluruhan surat tersebut.
6. Penutup
Setelah isi surat, struktur selanjutnya yaitu penutup yang dapat berupa kalimat penutup disertai salam penutup. Umumnya, bagian penutup akan berisi ucapan terima kasih serta harapan penulis kepada penerima surat.
7. Nama Penulis Surat
Struktur surat yang terakhir yaitu nama penulis atau pengirim surat yang biasanya disertai dengan tanda tangan dan diletakkan di bagian kanan bawah. Struktur ini berfungsi untuk menginfokan siapa yang menulis dan mengirimkan surat tersebut.
erikut contoh struktur surat pribadi
Materi IPAS
Organ sistem peredaran darah pada manusia terdiri atas jantung, pembuluh darah, dan darah.
1. Jantung
Jantung manusia terletak di rongga dada sebelah kiri. Secara umum, jantung berfungsi untuk memompa darah. Jantung pada manusia terdiri atas empat ruang yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri. seperti apakah ruangan jantung itu?
Yuk perhatikan gambar tersebut, bagaimana cara menggunakannya?💁
a. Jantung manusia terdiri atas 4 ruangan, ada serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan dan bilik kiri.
b. Untuk memudahkan mengingat :
Perhatikan gambarnya (box berwarna oranye dan oval hitam) di sana tertulis bahwa
serambi : menerima darah
bilik memompa darah.
Pada oval hitam tertulis kanan kanan kotor, kiri bersih
Artinya : Serambi jantung berfungsi untuk menerima darah, sedangkan bilik jantung berguna untuk memompa darah
Jantung sisi kanan berisi darah kotor (kaya karbondioksida), sedangkan jantung sisi kiri berisi darah bersih (kaya oksigen)
sehingga fungsi bagian jantung adalah :
Serambi kanan : menerima darah kaya karbondioksida dari seluruh tubuh
Serambi kiri : menerima darah kaya oksigen dari paru-paru
Bilik kanan : memompa darah kaya karbondioksida ke paru-paru
Bilik kiri : memompa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh
2. Pembuluh Darah
Pembuluh darah pada manusia terdiri dari pembuluh darah nadi, pembuluh darah vena dan pembuluh darah kapiler
sumber gambar : google image
a. Pembuluh Darah Nadi atau Arteri Pembuluh darah ini mengalirkan darah kaya oksigen ke seluruh tubuh, kecuali nadi paru-paru yang mengalirkan darah kaya karbondioksida b. Pembuluh Darah Vena atau Pembuluh Darah Balik Pembuluh darah ini mengalirkan darah kaya karbondioksida dari seluruh tubuh menuju ke serambi kanan jantung, kecuali vena paru-paru yang mengalirkan darah kaya oksigen
c. Pembuluh Darah Kapiler Pembuluh darah ini merupakan pembuluh darah terkecil yang mengalirkan darah ke sel tubuh. Lalu, apakah perbedaan antara Nadi dan Vena?
No.
Pembeda
Nadi
Vena
1
Letak
Di sebelah dalam
Dekat permukaan kulit
2.
Dinding pembuluh darah
Tebal dan elastis
Tipis dan tidak elastis
3.
Denyut
Terasa
Tidak terasa
4
Arah aliran
Meninggalkan jantung
Menuju jantung
5
Aliran darah jika terpotong
Memancar
Menetes
3. Darah
Darah pada manusia terdiri atas plasma darah dan sel darah. Plasma darah terdiri atas cairan darah yang berisi bermacam-macam protein darah. Sel darah terdiri atas : a. sel darah merah (eritrosit) yang berguna untuk mengangkut sari-sari makanan, oksigen dan karbondioksida b. sel darah putih (leukosit) yang berguna sebagai antibodi atau pelindung tubuh dari serangan kuman dan penyakit c. keping-keping darah (trombosit) yang berguna untuk proses pembekuan darah saat terjadi luka. B. Aliran Darah / Peredaran Darah Peredaran darah pada manusia merupakan peredaran darah tertutup karena mengalir melalui pembuluh darah Peredaran darah pada manusia juga disebut peredaran darah ganda karena dalam satu kali peredarannya dua kali melalui jantung Peredaran darah manusia ada empat macam yaitu a. peredaran darah besar b. peredaran darah kecil c. peredaran darah kotor d. peredaran darah bersih
Hari ini kita akan bersama sama membuat alat peraga untuk sistem pesedaran darah dengan alat dan bahan yang sederhana, berikut cara pembuatannya !
Kesimpulan
Pada pembelajaran IPAS guru mengawali pembelajaran dengan mengajak murid untuk mengingat materi yang sudah dijelaskan pada pertemuan minggu lalu. Setelah murid mengingat kembali guru melanjutkan dengan menjelaskan sistem kerja jantung pada tubuh manusia kemudian guru melakukan tanya jawab kepada siswa tentang materi yang sudah dijelaskan kemudian guru membagi murid ke dalam beberapa kelompok dan masing-masing kelompok mencari artikel tentang cara kerja jantung dan dilanjutkan dengan masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. Dari 17 murid 3 siswa masih kesulitan untuk dapat menjelaskan kembali cara kerja jantung pada tubuh manusia.
Pada pembelajaran bahasa indonesia guru mula mula mengajak siswa tentang materi yang sudah dipelajari pada pertemuan minggu sebelumnya tentang unsur intrinsik cerita, setelah murid mengingat kembali. guru mengajak siswa untuk melanjutkan pembelajaran. Guru menjelaskan tentang formulir dan biodata diri dengan media powerpoin, dan tata cara penulisann yang baik dan benar. setelah seluruh siswa memahami dan tidak ada pertanyaan dari siswa. guru meminta siswa untuk menuliskan Biodata diri dan formulir pendaftaran sebagai anggota perpustakaan. Dari 17 murid satu siswa belum selesai dalam biodata diri dan formulir pendaftaran tersebut.
Penutup
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat. dan kita akan lanjutkan pada pertemua selanjutnya.
0 komentar:
Posting Komentar