Rabu, 23 Oktober 2024

Materi ajar, Rabu 23 Oktober 2024


besmele, #bismillah, #diniresimler, #hareketlibesmelegifleri,  #besmelegifleri, #yenigünebismillah | Arabic calligraphy, Allah 

Welcome to Grade VI B 

 

day / Date:                 :Rabu, 23 Oktober 2024

 

Lesson                      : Tematik

Tema 5                      :Wirausaha

Subtema 1               :Kerja keras berbuah kesuksesan

Pembelajaran           :  4

Muatan Pelajaran     : MTK (KD. 3.7) PKN (KD 3.3), bahasa Indonesia (KD 3.6)

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan membaca teks dan melakukan wawancara, siswa mampu mengidentifikasi berbagai contoh keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari secara tepat.

2. siswa mampu menyelesaikan masalah sehari-hari terkait volume balok secara benar.

3. siswa mampu mempraktikkan mengisi teks pendaftaran keanggotaan klub atau organisasi sesuai petunjuk yang diberikan secara tepat.

Apersepsi
Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VI A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 

Alhamdulillah kalian telah mempelajari sekilas tentang sifat-sifat magnet dan jaring-jaring balok.

Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 4 di  Tema 5 Subtema 1 kita akan mempelajari tentang berbagai wirausaha yang ada di kehidupan sehari-hari dan juga menghitung volume bangun ruang

Mari kita simak materi pembelajaran hari ini

  

Apakah kamu pernah mengamati berbagai kegiatan wirausaha yang ada di sekitarmu? Apakah kamu tahu bagaimana pemilik usaha tersebut menjalankan usaha mereka?
Kamu akan melakukan wawancara kepada pemilik usaha kecil yang ada di sekitarmu setelah pulang sekolah. Cari tahu informasi bagaimana pemilik usaha tersebut menjalankan usahanya dan sikap apa saja yang mereka terapkan dalam menjalankan usaha.
Tuliskan juga bagaimana kamu menghargai keberagaman kegiatan ekonomi  yang ada di sekitarmu.

nah sekarang kita akan belajar menghitung volume balok

yuk pelajari video berikut ini

 

contoh soal!
1. Amati gambar dan baca soal cerita berikut. Sebuah kardus memiliki ukuran
panjang 59 cm, lebar 43 cm dan tinggi 50 cm. Kardus tersebut diisi penuh dengan keripik singkong. Berapakah volume dari kardus 
tersebut?

 

diketahui : p = 59 cm, l = 43 cm , t = 50 cm

ditanya : V ...?

jawaban :

V = p x l x t

V = 59 cm x 43 cm x 50 cm 

V = 126850 cm


LATIHAN

1. Sebuah kardus kue berbentuk balok diketahui berukuran panjang 28 cm, lebar 10 cm, dan tinggi 6 cm. Hitunglah volume balok tersebut!

2. Andi memiliki bak berbentuk sebuah balok dengan tinggi 50 cm, lebar 40 cm, dan panjang 60cm. Bak tersebut akan diisi dengan air, maka berapa banyak air yang dibutuhkan untuk mengisi 1/3 bagian bak Andi?

3. 
Sebuah bak mandi berbentuk balok dengan panjang 100 cm, lebar 60 cm dan tinggi 80 cm. Berapa liter volume air yang dibutuhkan untuk mengisi 2/3 bak mandi tersebut?

 4. Sebuah balok mempunyai panjang 15 cm, dan lebarnya 10 cm. Jika volume balok adalah 6.000 cm³, berapa tinggi balok tersebut?

 5. Diketahui volume suatu balok adalah 105 cm³, tinggi balok 5 cm dan panjangnya 7 cm.

Tentukan lebar balok tersebut.

Refleksi pembelajaran

 Kesimpulan :

Dari hasil pembelajaran kita hari ini didapat sekitar  ...orang atau .. % dari jumlah siswa di kelas 6A berjumlah 24 orang yang masih memerlukan bimbingan terkait materi hari ini yaitu menghitung volume balok. Diberikan penjelasan dan latihan soal terkait materi tersebut.

Penutup :

alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan lancar dan tertib, semoga besok kalian tetap semangat belajar dan tidak lupa selalu mengerjakan sholat 5 waktunya.

wassalamualaikum wr wb

0 komentar:

Posting Komentar