Kamis, 10 Oktober 2024

Materi ajar Kamis, 10 Oktober 2024

 besmele, #bismillah, #diniresimler, #hareketlibesmelegifleri,  #besmelegifleri, #yenigünebismillah | Arabic calligraphy, Allah 

Welcome to Grade VIA

 

day / Date:                 :Kamis, 1p Oktober 2024

 

Lesson                      : Tematik

Tema 4                      : Globalisasi

Subtema 3               : Globalisasi dan Cinta Tanah Air
Pembelajaran           : 3

Muatan Pelajaran     :  B.Indonesia (3.2) &  IPA (3.6)


Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan membaca, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri kosakata baku pada teks yang dibaca dengan tepat. 

2. Dengan membaca, siswa mampu menulis informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dalam bentuk tulisan dan visual dengan kalimat efektif dan kosakata baku dengan sistematis. 

3. Dengan percobaan membuat kompor tenaga surya, siswa mampu menjelaskan manfaat sumber alternatif energi listrik dengan tepat. 

4. Dengan percobaan membuat kompor tenaga surya, siswa mampu menyajikan karya tentang cara melakukan penghematan energi dan usulan sumber alternatif energi listrik dengan mandiri.

 Apersepsi


Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VI A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 


Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 6 kemarin? 

bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang Globalisasi dan Cinta Tanah Air.

Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 3 di subtema 3, kita akan mempelajari tentang Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca.

Mari kita simak materi pembelajaran hari ini

Materi Ajar


 


Ayo Berkreasi 

Nah, sekarang mengapa kita tidak mencoba untuk membuat kompor tenaga surya? Bukankah negara kita cukup merata limpahan sinar mataharinya? Meskipun tidak bisa menggantikan sepenuhnya energi minyak dan gas bumi, setidaknya bisa menghemat dan mengurangi konsumsi minyak atau gas. Lakukan percobaan ini dalam kelompok besar. Diskusikan dan buat kesepakatan tentang pembagian tugasnya. Siapkan alat dan bahan secara mandiri dan bekerjasamalah dengan semua anggota kelompok. Tentunya dengan kerja sama yang baik dan sikap saling menghargai akan mendapatkan hasil yang memuaskan.


 


Langkah-Langkah Kerja 

1. Tempatkan kotak kecil di dalam kotak yang lebih besar. Isilah celah kosong di antara kedua kotak tersebut dengan sobekan kertas atau koran. Fungsinya sebagai penyekat atau penahan panas. 

2. Alasi sisi bagian dalam kotak kecil dengan kertas konstruksi hitam. Hal ini akan menambah tingkat panas kotak. 

3. Lapisi empat buah karton dengan bahan pemantul cahaya matahari yang terbuat dari pelat aluminium. Pastikan tidak ada lapisan pemantul yang terlipat atau berkerut. Beri plester atau perekat karet pada pinggir setiap pelat tersebut agar merekat dengan kuat pada karton. 

4. Pasanglah setiap pelat pemantul sinar surya tersebut pada setiap sisi bagian atas dari kotak dengan sudut kemiringan sekitar 45 derajat. 

5. Gunakan tangkai penyangga di bagian bawah setiap pelat pemantul agar posisinya stabil. Pastikan semua bagian sudah terpasang kuat dan tahan terhadap terpaan angin. 

6. Taruhlah panci makanan dalam kotak. Tempatkan oven tenaga surya ini di tempat yang terpapar cahaya matahari langsung di waktu terik siang hari. 

7. Ujilah kompor tenaga surya buatan kalian. 

8. Tuliskan laporan hasil percobaan!


Soal Latihan 

1. Di era globalisasi ini arus informasi dapat tersebar ke penjuru belahan dunia dengan ….

2. Memakai produk dalam negeri hal itu berarti kita turut mendukung produsen lokal menjadi ….

3. Pak Rahmad adalah seorang pengusaha baju, agar produknya tidak kalah dengan pruduk luar negeri yang datang ke Indonesia maka Pak Rahmad sebaiknya ….

4. Bangun kubus mempunyai sisi berjumlah ….

5.
Soal Tematik Kelas 6 SD Tema 4 Subtema 3 Globalisasi dan Cinta Tanah Air dan Kunci JawabanLuas permukaan kubus di atas adalah ….

6. Jika luas permukaan kubus adalah 726 cm2 , maka panjang sisi kubus tersebut adalah ….

7. Kwalitas baju dari Indonesia terkenal sangat bagus.
Kata baku dari kata yang bercetak miring adalah ….

8. Jika lebih banyak orang yang memilih membeli produk luar negeri, maka para produsen dalam negeri bisa mengalami …

9. Cinta produk dalam negeri bisa kita terapkan mulai dari ….

10. Indonesia bekerja sama dengan negara-negara ASEAN dalam memerangi penyalahgunaan narkoba, sikap kita sebagai warga negara sebaiknya adalah ….

Kesimpulan

Pada materi sebelumnya di tema 4 sub tema 3 pembelajaran 3 yaitu tentang Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca masih terdapat 2 siswa atau sekitar 10 % dari jumlah 24 siswa kelas 6A  yang masih belum tuntas materi Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca.


Penutup

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan tertib dan lancar besok insya Allah kita bertemu kembali pada tema 6 subtema 3 pembelajaran ke 4.

Senin, 07 Oktober 2024

 

Materi ajar senin 7 Oktober 2024

 


 besmele, #bismillah, #diniresimler, #hareketlibesmelegifleri,  #besmelegifleri, #yenigünebismillah | Arabic calligraphy, Allah 

Welcome to Grade VIA

 

day / Date:                 : Senin, 07 Oktober 2024

 

Lesson                      : Tematik

Tema 4                      : Globalisasi

Subtema 3               : Globalisasi dan Cinta Tanah Air
Pembelajaran           : 1 & 2

Muatan Pelajaran     :  B.Indonesia (3.2), IPS (3.3) IPA (3.6), PKN(3.3) SBdP(3.1)


Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan membaca, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri kosakata baku
pada teks yang dibaca dengan tepat.
2. Dengan membaca, siswa mampu menulis informasi penting dari teks
ekplanasi yang dibaca dalam bentuk tulisan dan visual dengan kalimat
efektif dan kosakata baku dengan sistematis.
3. Dengan mencari dan mengolah informasi, siswa mampu menyajikan
informasi tentang peran Indonesia dalam berbagai bentuk kerja sama di
bidang IPTEK dalam lingkup ASEAN dengan mandiri.
4. Dengan mencari dan mengolah informasi, siswa mampu menyajikan
informasi tentang peran Indonesia di bidang IPTEK dalam lingkup ASEAN
dengan mandiri.
5. Dengan pengamatan, siswa, mampu menjelaskan manfaat sumber
alternatif energi listrik dengan tepat.
6. Dengan pengamatan, siswa mampu menjelaskan prinsip kerja sel surya
sebagai sumber alternatif energi listrik dengan sistematis.

 Apersepsi


Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VI A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 


Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 6 kemarin? 

bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang cmemecahkan masalah yang terkait dengan volume bangun gabungan dengan benar

Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 1 & 2 di subtema 3, kita akan mempelajari tentang Globalisasi dan Cinta Tanah Air

Mari kita simak materi pembelajaran hari ini

Materi Ajar


 

IPS dan B.Indonesia

Globalisasi dan Cinta Tanah Air

Globalisasi adalah masa di mana arus informasi begitu cepat menyebar ke
berbagai belahan dunia. Kebudayaan dan gaya hidup dari berbagai penjuru
dunia kemudian dengan mudah dapat kita ketahui. Kondisi tersebut akan
memudahkan generasi Indonesia untuk meniru beragam kebudayaan asing
tersebut.
“Berfikir global dan bertindak lokal” adalah salah satu cara yang bisa dilakukan
untuk tidak menjadi korban di era globalisasi. Sebagai bangsa Indonesia kita
harus melestarikan nilai-nilai luhur budaya kita, yang kemudian digunakan
untuk dapat bersaing di tingkat dunia.


IPA


Ayo Mencoba
Kamu dapat menggunakan beberapa jenis buah atau umbi-umbian sebagai
sumber alternatif energi listrik.
 

Ayo, lakukan percobaan berikut.
Alat dan Bahan
1. Kentang (bisa diganti lemon atau umbi-umbian yang lain)
2. Lampu LED (atau lampu bohlam kecil)
3. Kabel
4. Penjepit buaya
5. Lempengan tembaga
6. Lempengan seng
7. Untuk pengganti tembaga dan seng, dapat digunakan isi dalam bateraiyang biasanya berwarna hitam

PKN

Yuk, Cintai Buah dalam Negeri
Indonesia terkenal dengan surganya buah. Ada berbagai macam buah yang
tumbuh subur di Nusantara ini. Sayangnya, buah-buah lokal ini makin lama
makin tergusur karena kedatangan buah impor. Impor adalah mendatangkan
buah dari luar negeri ke Indonesia.
Tentu saja, buah yang didatangkan dari luar negeri itu bisa menjadi murah di
sini karena buah tersebut didatangkan dalam jumlah besar. Ini dapat membuat
buah lokal kalah dalam persaingan .


Gerakan cinta Indonesia memiliki arti sangat strategis, tidak hanya untuk
menghadapi tantangan krisis ekonomi global, tapi juga untuk membangun
kemandirian bangsa di bidang ekonomi. Gerakan itu bukan hanya menjadi
kampanye biasa, tapi menjadi gerakan bersama, tidak bersifat statis dan bukan
kebijakan proteksionis karena tidak termasuk kebijakan tarif.
Potensi pasar dalam negeri sangat besar, dengan jumlah penduduk 230 juta
dan hampir 50 persen terdiri dari penduduk berusia di bawah 29 tahun, harus
dimanfaatkan secara optimal melalui gerakan ini. Semua pihak diharapkan
untuk lebih memprioritaskan penggunaan produk dalam negeri sehingga
kemandirian bangsa dapat terbangun.
Program kampanye “Cinta Indonesia” bertujuan untuk meningkatkan apresiasi
masyarakat terhadap produk barang dan jasa dalam negeri, serta meningkatkan
citra Indonesia di mata internasional. Diharapkan dengan dicanangkannya
gerakan ini, pasar produk dalam negeri bisa ditingkatkan sehingga tekanan
terhadap sektor industri bisa dikurangi dan gejala pengurangan tenaga kerja
dapat dihindari.


SBdP


Soal Latihan 

1. Salah satu dampak dari pengaruh informasi yang mudah di dapat dalam era globalisasi ini adalah ….
a. Generasi tua menjadi kembali muda
b. Terputusnya kebudayaan antar generasi
c. Generasi muda dengan mudah meniru budaya luar
d. Budaya luar negeri sulit masuk ke Indonesia

2. Arus informasi di era globalisasi menyebar dengan begitu cepat, berikut ini informasi yang perlu kita waspadai adalah berita ….
a. Olahraga
b. Kriminal
c. Ekonomi
d. Hoaks 

3. Energi alternatif yang bisa digunakan untuk menghasilkan listrik seperti ….
a. Batu bara
b. Intan
c. Timah
d. Sel surya 

4. Penggunaan energi alternatif untuk menghasilkan listrik salah satunya disebabkan oleh ….
a. Harga energi alternatif yang lebih murah dan lebih mudah didapat
b. Menipisnya sumber daya alam yang selama ini digunakan seperti minyak bumi
c. Cara membuatnya sangat cepat dan praktis
d. Energi alternatif dapat mengalirkan listrik lebih kuat dan stabil 

5. Di era globalisasi ini buahan-buahan dari luar negeri bisa kita jumpai dengan ….
a. Sulit sekali
b. Mudah
c. Harga sangat murah
d. Harga gratis

6. Banyaknya produk impor dari luar negeri bisa mengakibatkan produsen lokal menjadi bangkrut jika ….
a. Kita lebih memilih produk lokal daripada merk luar negeri
b. Kita selalu meremehkan produk buatan dalam negeri
c. Kita menguatamakn membeli produk buatan Indonesia
d. Tidak mau memberli produk buatan luar negeri 

7. Kita bisa menjumpai paling banyak makanan dan buah-buahan lokal di ….
a. Pasar tradisional
b. Supermarket
c. Mall
c. Hipermarket

8. Mencintai produk dalam negeri bisa membuat kita turut serta dalam ….
a. Membangun kemandirian bangsa
b. Menyukseskan swasembada pangan
c. Mencerdaskan anak bangsa
d. Membangun jaringan bisnis internasional

9. Berikut ini yang termasuk sikap yang mencerminkan berpikir global adalah ….
a. Mempelajari budaya daerah
b. Mempelajari teknologi modern ke negara lain
c. Meniru semua budaya luar yang menyenangkan
d. Menolak gaya dan budaya negara asing 

10. Panji sangat menyukai budaya Indonesia, ia gemar sekali menonton pertunjukan-pertunjukan budaya. Di lain sisi Panji justru suka mengolok-olok budaya negara lain. Ia selalu membandingkannya dengan budaya Indonesia. Menanggapi hal tersebut, sebaiknya sikap Panji adalah ….
a. Walaupun cinta dengan budaya sendiri namun harus disertai menjelekkan budaya negara lain
b. Walaupun cinta dengan budaya negara lain maka kita tidak boleh mengolok-oloknya
c. Walaupun cinta dengan budaya sendiri namun harus tetap menghormati budaya negara lain
d. Walaupun cinta dengan budaya sendiri namun harus mempelajari budaya dari negara lain

Kesimpulan

Pada materi sebelumnya di tema 4 sub tema 3 pembelajaran 1  & 2 yaitu tentang Globalisasi dan Cinta Tanah Air masih terdapat 2 siswa atau sekitar 10 % dari jumlah 24 siswa kelas 6A  yang masih belum tuntas materi Globalisasi dan Cinta Tanah Air.


Penutup

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan tertib dan lancar besok insya Allah kita bertemu kembali pada tema 6 subtema 3 pembelajaran ke 3.

Jumat, 04 Oktober 2024

 

Materi ajar Jumat 04 Oktober 2024

 


 besmele, #bismillah, #diniresimler, #hareketlibesmelegifleri,  #besmelegifleri, #yenigünebismillah | Arabic calligraphy, Allah 

Welcome to Grade VIA

 

day / Date:                 : Jum'at 04 Oktober 2024

 

Lesson                      : Tematik

Tema 4                      : Globalisasi

Subtema 2               : Globalisasi dan Manfaatnya

Pembelajaran           :  6

Muatan Pelajaran     : IPS (KD. 3.3) MTK (KD. 3.6), SBDP (KD. 3.1)

Tujuan Pembelajaran :

1. siswa mampu memecahkan masalah yang terkait dengan volume bangun gabungan dengan benar
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat brosur berdasarkan brosur yang baik dengan menarik

3. siswa mampu menyajikan informasi tentang peran Indonesia dalam kerja sama di bidang politik dalam lingkup ASEAN

 Apersepsi


Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VI A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 


Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 4 kemarin? 

bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang cara membuat poster menghemat energi listrik

Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 5  & 6 di subtema 2, kita akan mempelajari tentang memecahkan masalah yang terkait dengan volume bangun gabungan dengan benar

Mari kita simak materi pembelajaran hari ini

Masyarakat ASEAN Bebas Narkoba

Era globalisasi memberi kemudahan masyarakat dalam hal komunikasi dan transportasi. Seakan menjadikan dunia tanpa batas. Hal ini juga meningkatkan peredaran dan perdagangan narkoba di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Meningkatkannya kejahatan narkoba akan meng-ancam keselamatan, keamanan, dan kesejahteraan masyarakat. Indonesia bekerja sama dengan negara-negara ASEAN menyusun langkah-langkah dalam mencapai “ASEAN Drug Free 2015”. Semua negara saling menukar informasi dalam hal rehabilitasi, pencegahan, dan penegakan hukum tentang masalah narkoba.

(diolah dari berbagai sumber)


Mencintai tanah air adalah merupakan kewajiban setiap warga negara. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan rasa cinta kepada tanah air. Salah satunya adalah bangga menggunakan produk dalam negeri. Dengan menggunakan produk dalam negeri, kita sudah turut berpartisipasi dalam pembangunan bangsa. Apakah kamu sudah menggunakan produk dalam negeri?


Evaluasi Penilaian Harian Tema 4 Suh tema 2

1. Sebuah balok memiliki panjang 28 cm, lebar 14 cm, dan tingginya 12 cm. Volume balok tersebut adalah .... cm³
a. 4.700
b. 4.702
c. 4.704
d. 4.706

2. Volume suatu balok dengan panjang 17 cm, lebar 11 cm, dan tinggi 8 adalah .... cm³
a. 1.496
b. 1.498
c. 1.502
d. 1.516

3. Rina ingin membeli sepatu di supermarket. Saat ia sudah di supermaret ia melihat banyak pilihan sepatu. Baik dari merk dalam negeri maupun merk luar negeri. Rina lebih memilih merk dalam negeri karena menurutnya barangnya mempunyai kualitas yang baik pula. Sikap Rina tersebut adalah contoh ….
a. Rela berkorban demi bangsa
b. Pantang menyerah membela negara
c. Cinta produk dalam negeri
d. Memboikot produk dari luar negeri

4. Dengan menggunakan produk-produk dalam negeri berarti kita turut serta dalam ….
a. Mengurangi pendapatan negara
b. Mendukung produsen dalam negeri
c. Mencegah produk luar masuk negara
d. Menambah
 pendapatan negara

5. Salah satu manfaat globalisasi bagi warga dunia adalah ….

a. Setiap warga dunia bisa keliling dunia gratis
b. Setiap warga dunia punya kesempatan mengembangkan dirinya
c. Setiap warga dunia bebas menjadi warga negara lain
d. Setiap warga dunia punya kesempatan menguasai negara lain

6. Manfaat yang bisa kita peroleh sebagai seorang siswa dari globalisasi di antaranya adalah ….
a. Kita bisa menggunakan komputer merk negara lain untuk belajar
b. Kita bisa menjual batik ke luar negeri
c. Kita bisa menguasai bahasa asing dengan mudah
d. Kita bisa membeli aksesoris dari luar negeri dengan harga murah

7.Menghemat energi listrik di rumah contohnya dengan cara ….

a. Menyalakan televisi sambil belajar
b. Mematikan lampu teras ketika sudah siang
c. Mematikan lampu ketika belajar
d. Menyetrika sehari tiga kali

8 Berikut ini merupakan dampak dari pemborosan listrik, kecuali ….
a. Pengeluaran biaya bertambah
b. Pemerintah kekurangan cadangan listrik
c. Banyak perlatan elektronik yang menyala tidak berguna
d. Arus listrik menjadi mudah terbakar

 9Kalimat di bawah ini yang memiliki kata tidak baku adalah ….

a. Kita bisa bayangin sendiri jika tidak ada listrik pasti sangat gelap sekali

b. Setiap hari pamanku berhasil membuat baju dengan kualitas bagus

c. Banyak merk baju luar negeri yang sekarang ini di jual di pasar
d. Omzet dari pabrik tahu Pak Sandi mencapai sepuluh juta perbulan

10. Rina ingin membeli sepatu di supermarket. Saat ia sudah di supermaret ia melihat banyak pilihan sepatu. Baik dari merk dalam negeri maupun merk luar negeri. Rina lebih memilih merk dalam negeri karena menurutnya barangnya mempunyai kualitas yang baik pula. Sikap Rina tersebut adalah contoh ….
a. Rela berkorban demi bangsa
b. Pantang menyerah membela negara
c. Cinta produk dalam negeri
d. Memboikot produk dari luar negeri


Penutup

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan tertib dan lancar bsk insya Alloh kita bertemu kembar. 

Kesimpulan

Pada materi sebelumnya di tema 4 suh tema 2 pembelajaran 4 yaitu tentang membuat poster masih terdapat 2 siswa atau sekitar 10 % dari jumlah 21 siswa kelas 6A  yang masih belum selesai proses pembuatan poster/ reklame

Kamis, 03 Oktober 2024

 

Materi ajar kamis, 3 Oktober 2024

 


 besmele, #bismillah, #diniresimler, #hareketlibesmelegifleri,  #besmelegifleri, #yenigünebismillah | Arabic calligraphy, Allah 

Welcome to Grade VIA

 

day / Date:                 : Kamis, 03 Oktober 2024

 

Lesson                      : Tematik

Tema 4                      : Globalisasi

Subtema 2               : Globalisasi dan Manfaatnya

Pembelajaran           : 5

Muatan Pelajaran     : IPS (KD. 3.3) MTK (KD. 3.6), SBDP (KD. 3.1)

Tujuan Pembelajaran :

1. siswa mampu memecahkan masalah yang terkait dengan volume bangun gabungan dengan benar
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat brosur berdasarkan brosur yang baik dengan menarik

3. siswa mampu menyajikan informasi tentang peran Indonesia dalam kerja sama di bidang politik dalam lingkup ASEAN

 Apersepsi


Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VI A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 


Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 4 kemarin? 

bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang cara membuat poster menghemat energi listrik

Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 5  & 6 di subtema 2, kita akan mempelajari tentang memecahkan masalah yang terkait dengan volume bangun gabungan dengan benar

Mari kita simak materi pembelajaran hari ini

Masyarakat ASEAN Bebas Narkoba

Era globalisasi memberi kemudahan masyarakat dalam hal komunikasi dan transportasi. Seakan menjadikan dunia tanpa batas. Hal ini juga meningkatkan peredaran dan perdagangan narkoba di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Meningkatkannya kejahatan narkoba akan meng-ancam keselamatan, keamanan, dan kesejahteraan masyarakat. Indonesia bekerja sama dengan negara-negara ASEAN menyusun langkah-langkah dalam mencapai “ASEAN Drug Free 2015”. Semua negara saling menukar informasi dalam hal rehabilitasi, pencegahan, dan penegakan hukum tentang masalah narkoba.

(diolah dari berbagai sumber)


Mencintai tanah air adalah merupakan kewajiban setiap warga negara. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan rasa cinta kepada tanah air. Salah satunya adalah bangga menggunakan produk dalam negeri. Dengan menggunakan produk dalam negeri, kita sudah turut berpartisipasi dalam pembangunan bangsa. Apakah kamu sudah menggunakan produk dalam negeri?


Evaluasi Penilaian Harian Tema 4 Suh tema 2

1. Sebuah balok memiliki panjang 28 cm, lebar 14 cm, dan tingginya 12 cm. Volume balok tersebut adalah .... cm³
a. 4.700
b. 4.702
c. 4.704
d. 4.706

2. Volume suatu balok dengan panjang 17 cm, lebar 11 cm, dan tinggi 8 adalah .... cm³
a. 1.496
b. 1.498
c. 1.502
d. 1.516

3. Rina ingin membeli sepatu di supermarket. Saat ia sudah di supermaret ia melihat banyak pilihan sepatu. Baik dari merk dalam negeri maupun merk luar negeri. Rina lebih memilih merk dalam negeri karena menurutnya barangnya mempunyai kualitas yang baik pula. Sikap Rina tersebut adalah contoh ….
a. Rela berkorban demi bangsa
b. Pantang menyerah membela negara
c. Cinta produk dalam negeri
d. Memboikot produk dari luar negeri

4. Dengan menggunakan produk-produk dalam negeri berarti kita turut serta dalam ….
a. Mengurangi pendapatan negara
b. Mendukung produsen dalam negeri
c. Mencegah produk luar masuk negara
d. Menambah
 pendapatan negara

5. Salah satu manfaat globalisasi bagi warga dunia adalah ….

a. Setiap warga dunia bisa keliling dunia gratis
b. Setiap warga dunia punya kesempatan mengembangkan dirinya
c. Setiap warga dunia bebas menjadi warga negara lain
d. Setiap warga dunia punya kesempatan menguasai negara lain

6. Manfaat yang bisa kita peroleh sebagai seorang siswa dari globalisasi di antaranya adalah ….
a. Kita bisa menggunakan komputer merk negara lain untuk belajar
b. Kita bisa menjual batik ke luar negeri
c. Kita bisa menguasai bahasa asing dengan mudah
d. Kita bisa membeli aksesoris dari luar negeri dengan harga murah

7.Menghemat energi listrik di rumah contohnya dengan cara ….

a. Menyalakan televisi sambil belajar
b. Mematikan lampu teras ketika sudah siang
c. Mematikan lampu ketika belajar
d. Menyetrika sehari tiga kali

8 Berikut ini merupakan dampak dari pemborosan listrik, kecuali ….
a. Pengeluaran biaya bertambah
b. Pemerintah kekurangan cadangan listrik
c. Banyak perlatan elektronik yang menyala tidak berguna
d. Arus listrik menjadi mudah terbakar

 9Kalimat di bawah ini yang memiliki kata tidak baku adalah ….

a. Kita bisa bayangin sendiri jika tidak ada listrik pasti sangat gelap sekali

b. Setiap hari pamanku berhasil membuat baju dengan kualitas bagus

c. Banyak merk baju luar negeri yang sekarang ini di jual di pasar
d. Omzet dari pabrik tahu Pak Sandi mencapai sepuluh juta perbulan

10. Rina ingin membeli sepatu di supermarket. Saat ia sudah di supermaret ia melihat banyak pilihan sepatu. Baik dari merk dalam negeri maupun merk luar negeri. Rina lebih memilih merk dalam negeri karena menurutnya barangnya mempunyai kualitas yang baik pula. Sikap Rina tersebut adalah contoh ….
a. Rela berkorban demi bangsa
b. Pantang menyerah membela negara
c. Cinta produk dalam negeri
d. Memboikot produk dari luar negeri


Penutup

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan tertib dan lancar bsk insya Alloh kita bertemu kembar. 

Kesimpulan

Pada materi sebelumnya di tema 4 suh tema 2 pembelajaran 4 yaitu tentang membuat poster masih terdapat 2 siswa atau sekitar 10 % dari jumlah 21 siswa kelas 6A  yang masih belum selesai proses pembuatan poster/ reklame

Rabu, 02 Oktober 2024

 besmele, #bismillah, #diniresimler, #hareketlibesmelegifleri,  #besmelegifleri, #yenigünebismillah | Arabic calligraphy, Allah 

Welcome to Grade VIA

 

day / Date:                 : Rabu 2 Oktober 2024

 

Lesson                      : Tematik

Tema 4                      : Globalisasi

Subtema 2               : Globalisasi dan Manfaatnya

Pembelajaran           : 4

Muatan Pelajaran     : PKN (KD. 3.3) MTK (KD 3.6) BAHASA INDONESIA (KD 3.2) 

Tujuan Pembelajaran :

1.siswa mampu menemukan volume gabungan dengan menggunakan model kongkrit dengan benar.

2. siswa mampu mengidentifikasi keberagaman ekonomi masyarakat dan dampaknya bagi perekonomian bangsa dengan benar.

 Apersepsi


Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VI A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 


Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 3 kemarin? 

bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang cara membuat poster menghemat energi listrik

Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 4 di subtema 2, kita akan mempelajari tentang keberagaman ekonomi masyarakat dan dampaknya bagi perekonomian bangsa dengan benar.

Mari kita simak materi pembelajaran hari ini



Globalisasi, Bermanfaat atau Tidak?

Apa manfaat globalisasi bagi manusia di berbagai belahan dunia? Perhatikan di sekitar kita. Ketika kita berbelanja di supermarket, kita menemukan berbagai makanan dan barang yang diproduksi di luar negeri. Aneka pasta dari

Italia, keju dari Belanda, kursi plastik buatan Tiongkok, atau peralatan dapur

produksi Jerman. Apakah makanan dan barang produksi Indonesia juga ada di

luar negeri? Tentu saja! Sekarang di negara lain tidak sulit menemukan gudeg dalam kaleng produksi Indonesia. Kain dan perabot hasil karya pengrajin daerah pun semakin terkenal di mancanegara. Kemudahan dalam pertukaran produk merupakan salah satu hal positif dari globalisasi.

Perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin canggih menandai dimulainya era globalisasi. Telepon, satelit, televisi, dan jaringan internet,membawa berita dari belahan dunia lain tanpa jeda waktu. Dalam sekejap,berita penting dan populer tersampaikan ke segala penjuru dunia.

Namun perlu pula kita waspadai. Globalisasi dapat memengaruhi kebudayaan manusia di sebuah negeri. Masuknya pengaruh asing, secara tidak langsung akan membawa perubahan budaya dalam masyarakat. Perubahan budaya bisa menjadi pengaruh positif, namun bukan tidak mungkin membawa pengaruh negatif. Saat ini di kota besar di Indonesia, anak-anak muda gemar menikmati tayangan dari Korea. Mereka juga meniru cara berpakaian muda-mudi Korea. Apakah sesuai dengan nilai-nilai dalam budaya Indonesia? Belum tentu! 

Pengaruh positif akibat globalisasi tentu akan memperkaya manusia di sebuah negeri. Namun tanpa benteng nilai budaya yang kuat, tidak mustahil nilai luhur sebuah bangsa akan luntur akibat globalisasi.

Globalisasi membawa manfaat sehingga kita bisa mengenal mainan dari negara lain seperti rubik. Masih ingatkan kamu dengan mainan rubik? Mainan gabungan dari kubus-kubus.

Jika ada dua rubik digabungkan bisakah kamu menemukan volumenya?

Sekarang, kamu akan melakukan eksplorasi menemukan volume gabungan.

Alat dan bahan yang diperlukan:

• Dua bangun kubus berukuran sama dan balok dengan ukuran seperti gambar.

• Satu kantung pasir



Latihan Soal

Berdasarkan teks di atas jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa saja dampak positif dari globalisasi?

2. Apa saja dampak negatif dari globalisasi?

3. Mengapa globalisasi dapat memengaruhi budaya bangsa?

4. Mengapa globalisasi menjadi tantangan tersendiri untuk kita?

5. Apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi era globaliasi?

6. Pak Bagas membeli sebuah batu bata berbentuk balok dengan panjang 15 cm, lebar 8 cm, dan tinggi 5 cm. Berapakah volume kayu milik Pak Bagas?

7. Volume suatu balok dengan panjang 17 cm, lebar 11 cm, dan tinggi 8 adalah .... cm³


Penutup

Alhamdulillah pembelajaran hari ini kalian sudah melalui nya dengan baik dan tertib. 

Kesimpulan

Dalam  pertemuan sebelum nya yaitu tema 4 sub tema 2 pembelajaran 3 pada hari rabu dapat disimpulkan bahwa 4 % siswa yaitu sebanyak 2 orang siswa dari kelas 6B yang masih belum memahami materi tentang dampak dari globalisasi.

Senin, 30 September 2024

 

Materi Ajar Selasa 1 Oktober 2024

 

 besmele, #bismillah, #diniresimler, #hareketlibesmelegifleri,  #besmelegifleri, #yenigünebismillah | Arabic calligraphy, Allah 

Welcome to Grade VIA

 

day / Date:                 : Selasa, 1 Oktober 2024

 

Lesson                      : Tematik

Tema 4                      : Globalisasi

Subtema 2               : Globalisasi dan Manfaatnya

Pembelajaran           : 3 

Muatan Pelajaran     : Bahasa Indonesia (KD 3.2), IPA (KD 3.6) 

Tujuan Pembelajaran :

1. siswa mampu menulis informasi penting dari teks ekplanasi yang didengar dalam bentuk peta pikiran dengan sistematis.

2. Dengan membuat poster, siswa mampu menjelaskan cara menghemat energi listrik dengan mandiri.

Apersepsi

Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VI A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 


Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 1&2 kemarin? 

bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang cara menghitung volume kubus dan juga mengetahui cara-cara menghemat listrik.

Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 3 di subtema 2, kita akan mempelajari tentang cara menghemat listrik dengan poster

Mari kita simak materi pembelajaran hari ini



 RINGKASAN MATERI


Kita telah mengetahui bahwa globalisasi dapat terjadi antara lain karena adanya energi listrik. Sekarang, amatilah peralatan yang 
menggunakan energi listrik disekitarmu. 

Terbayangkah olehmu jika energi listrik itu habis dan tak dapat diperbaharui? Ayo, kita belajar bagaimana caranya menghemat energi listrik


Latihan soal  dari gambar diatas! 

1. Apa peran energi listrik di era globalisasi saat ini?
2. Tuliskan ruangan yang boros listrik. 
3. Menurutmu, apa dampak sikap hidup boros listrik bagi warga sekolah?
4. Mengapa kita perlu menerapkan sikap hidup hemat listrik?
5. Berikan 3 contoh sikap hidup hemat listrik yang sudah kamu terapkan 
dalam kehidupan sehari-hari.
Tugas praktek

Buatlah poster yang berisi ajakan untuk melakukan sikap hidup hemat listrik.
Perhatikan kriteria yang harus terdapat dalam poster kalian.
• Terdapat kalimat ajakan untuk selalu melakukan sikap hidup hemat listrik.
• Terdapat keterangan singkat tentang pentingnya hemat listrik.
 Terdapat contoh sikap hidup hemat listrik.
 Menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. 
 Poster jelas, menarik, tulisan rapi, dan bersih. 
Kreasikan poster kamu dengan menarik.

Kesimpulan

Dengan menghemat energi listrik di rumah kita dapat menghemat energi-energi yang lainnnya juga. 

Jangan lah suka melakukan pemborosan baik di rumah ataupun di luar rumah. 
Belajar lah dari sekarang untuk menghemat listrik dengan benar yaa. 

Penutup
Semoga pembelajaran hari ini bermanfaat.
Wassalamulaaikum wr wb.

0 komentar:

Posting Komentar