Senin, 05 Agustus 2024

Materi Ajar, Selasa 6 Agustus 2024

  

Hari/Tanggal             : Selasa, 6 Agustus 2024

Lesson                      : Tematik

Tema 1                      :  Selamatkan Makhluk Hidup

Subtema 3                : Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan
 
Pembelajaran           : 2
 
Muatan Pelajaran      :IPA (KD. 3.1), IPS (KD. 3.1) B.Indonesia (3.1) dan PPKN (KD.3.1) SB DP (KD. 3.4) 

Tujuan Pembelajaran :  
1. Siswa mampu menyebutkan kehidupan politiknya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar.
2. Siswa mampu menyebutkan cara melestarikan hewan di  lingkungan setempat dengan tepat.
3. Menemukan contoh pelaksanaan sila-sila Pancasila terkait menyayangi hewan dengan benar.

 1. Apersepsi
 
Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VI B SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya di Tahun Ajaran Baru  2024/ 2025 baca doa belajar dulu ya nak.. 

  

Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 5&6 kemarin? bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang penerapan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 1&2 sub tema 3 yaa

IPA

Ayo, Lestarikan Hewan dan Tumbuhan Langka Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan beragam jenis hewan dan tumbuhan. Setiap pulau di Indonesia memiliki hewan yang unik dan menjadi ciri khas pulau tersebut. Komodo di kepulauan Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu contoh hewan langka yang dilindungi oleh dunia Internasional. Pulau Komodo secara resmi diakui sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Pulau ini menjadi sebuah Taman Nasional yang dikagumi oleh masyarakat dunia.

Taman Nasional banyak terdapat di Indonesia, seperti Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan yang melindungi orangutan. Tujuan dibuatnya Taman Nasional adalah untuk melestarikan hewan dan tumbuhan yang semakin berkurang jumlahnya.

Bertambahnya jumlah penduduk menjadi penyebab utama berkurangnya hutan tempat hidup hewan-hewan tersebut. Pembangunan gedung dan perumahan menjadi penyebab menyingkirnya hewan tersebut dari habitat aslinya. Perburuan liar mengakibatkan hewan tersebut berada di ambang kemusnahan.

IPS

Yuk kita perhatikan video dibawah ini! 

Media Pembelajaran

Video (LCD Proyektor)


LKPD



PPKN

Perhatikan gambar dibawah ini. 

Dapatkah kalian menentukan contoh penerapan sikap dan prilaku yang sesuai dengan sila pancasilanya? 


 Sampaikan kepada temanmu tentang sikapmu yang sudah menunjukkan
kelima sila dari Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Kita memiliki kewajiban untuk melindungi dan menyayangi hewan. Pernahkah
kamu mengobati hewan yang luka?
Bacalah cerita berikut dengan saksama.
Lina memiliki seekor kucing. Ia sangat menyayanginya. Kucing Lina senang
bermain. Terkadang Lina mengajaknya bermain di taman atau di halaman
rumah. Kalau Lina sedang bersekolah atau sedang berpergian, kucing Lina
bermain sendiri. Memanjat atap rumah, berguling, atau bermain dengan
bola adalah hal yang disukainya.
Pagi ini Lina sangat sedih. Kucingnya terjatuh dari atap rumah. Saat Lina
mendekati kucingnya, Lina melihat kaki kiri kucing terluka. Lina panik.
Tetangga Lina adalah seorang dokter hewan. Lina membawa kucingnya
ke sana. Dokter hewan sangat teliti mengobati kucing Lina. Ia memasang
perban untuk menutupi luka kucing.
Setelah diobati, Lina membawa kucingnya pulang. Ia senang karena
kucingnya sudah bisa berjalan kembali.

Tulislah pendapatmu tentang sikap Lina terkait penerapan sila Pancasila.

 

Ayo Berkreasi
Sebelumnya kamu telah membuat patung
Nusantara dari tanah liat, lilin malam, atau

adonan plastisin buatanmu.
Sekarang kamu akan memberi motif dan
warna pada patung tersebut agar terlihat
menarik.
Siapkan peralatan dan bahan yang kamu
perlukan berikut ini.
Bahan:
1. Cat akrilik atau cat minyak, berbagai warna sesuai selera
2. Koran bekas untuk alas bekerja
3. Air untuk campuran
4. Patung Nusantara yang telah kering

Peralatan:
1. Kuas (besar kuas tergantung kebutuhan)
2. Palet atau wadah lain untuk mencampur cat
Langkah Pewarnaan:
1. Campurkan warna cat yang kamu pilih dengan air, secukupnya.
2. Aduk dalam palet atau wadah lain.
3. Pastikan patung nusantaramu sudah kering sempurna.
4. Warnai patungmu sesuai selera.

Ayo Berlatih
Limbah yang disebabkan oleh kulit/
cangkang telur ayam semakin hari
semakin banyak. Apabila dibiarkan
terus menerus akan memengaruhi
lingkungan. Untunglah ada pengusaha
pengguna cangkang telur. Para
pengusaha memanfaatkan kulit
telur untuk menghasilkan produk 

LATIHAN

1. Pak Jaya ingin mendirikan peternakan sapi di samping rumahnya. Sebagian warga menolak karena khawatir akan menimbulkan polusi udara karena baunya. Pak Jaya bersikukuh tetap mendirikan peternakan sehingga warga menjadi cukup kesal. Sikap Pak Jaya tersebut tidak mencerminkan sila keempat Pancasila yaitu ….

a. Mengutamakan musyawarah

b. Berbuat adil terhadap rakyat

c. Mengedepankan kemajuan masyarakat

d. Berbuat dengan percaya diri

2. Bacalah paragraf berikut!

Pisang merupakan tumbuhan yang banyak hidup di Indonesia. Hampir setiap daerah di indonesia bisa ditumbuhi pohon pisang. Pohon pisang mudah sekali ditanam. Pohon pisang dapat tumbuh di daerah dataran tinggi maupun rendah. Hingga banyak lahan penduduk baik pekarangan maupun sawah yang ditanami pohon pisang. Pohon pisang tidak sulit untuk dibudidayakan, karena memang pohon pisang tidak terlalu membutuhkan banyak pupuk.

lde pokok dari paragraf tersebut adalah ....

a. Pisang banyak dijadikan tanaman perkebunan.

b. Pohon pisang banyak hidup di Indonesia.

c. Pisang banyak ditanam di sawah.

d. Pohon pisang banyak dibudidayakan

3 . Indonesia dikaruniai beraneka ragam jenis hewan, diantaranya disebabkan oleh ….

a. Indonesia memiliki banyak tambang emas

b. Indonesia terletak di samudra pasifik

c. Indonesia tidak rawan bencana

d. Indonesia memiliki iklim tropis


Kesimpulan 

Sebagian besar siswa sudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. Terlihat saat review materi semua siswa antusias menjawab pertanyaan. Hasil pembelajaran juga menunjukkan nilai rata rata sudah di atas KKM.



Refleksi dan evaluasi 

Untuk ananda yang masih bingung dalam memahamikondisigeografis dan membedakan contoh sikap - sikap penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dapat memberikan pertanyaan kepada bu guru dan melihat video pembelajaran di atas ya nak. 

Penutup

Sekian pembelajaran hari ini. Jangan lupa selalu membaca buku pelajaran dan jangan lupa kerjakan sholat 5 waktu nya



0 komentar:

Posting Komentar