Selasa, 27 Agustus 2024

Materi ajar, Selasa 27 Agustus 2024

  

Hari/ Tanggal.           : Selasa, 27 Agustus 2024

Lesson                      : Tematik

Tema 2                      : Persatuan dalam perbedaan

Subtema 3               : Bersatu Kita teguh
 
Pembelajaran           : 3


Muatan Pelajaran     : IPA (3.3) dan B.Indonesia (3.4)


Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa mampu Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.

2. siswa mampu Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

 

 

Apersepsi
Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VIB SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya 

 


Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 2 kemarin? 

bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang kalimat efektif dan tidak efektif.

Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 3  di subtema 3, kita akan mempelajari tentang  Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.

 

RINGKASAN MATERI

 


 

 Ayo Berkreasi (IPA)

Tuhan menganugerahkan kita beragam tanaman dan hewan agar kita bisa memanfaatkannya. Namun, pemanfaatan tumbuhan dan hewan tidak diiringi oleh sikap yang bijak sehingga banyak terjadi ketidakseimbangan. Sebagai warga negara yang baik, kita perlu bersatu melestarikan hewan dan tumbuhan agar manusia dapat hidup sejahtera. Pilihlah satu tumbuhan atau hewan yang menurutmu perlu dilestarikan. Buatlah poster untuk mengajak seluruh warga sekolah tergerak hatinya untuk melestarikan tumbuhan atau hewan. Kamu bisa mempelajari poster di samping. Postermu harus memuat satu jenis tumbuhan atau hewan dengan habitat dan manfaatnya. Jangan lupa kalimat ajakan serta gambar yang menarik dan jelas. Sampaikan hasilnya kepada teman di kelas.

 


 

 Ayo Membaca (B.INDONESIA)

Persatuan dapat membawa kebaikan. Begitu pula dalam belajar. Kamu akan bekerja sama dengan temanmu agar tulisanmu dapat lebih baik. Bacalah teks berikut!  





Latihan Diskusi Kelompok :

Buatlah peta pikiran berdasarkan bacaan di atas! Gunakan kata tanya 5w1H untuk membuat peta pikiran, koreksi penggunaan kata baku dan kalimat efektif !



 

 

Kesimpulan

Alhamdulillah pembelajaran berjalan dengan lancar. Dari 23 siswa masih ada 2 siswa yang masih memerlukan bimbingan dalam memahai cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungaan seluruh siswa sudah mampu membuat kalimat tanya dari aspek spek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.




Penutup

semoga bermanfaat, besok kita bertemu lagi pada pembelajaran selanjutnya  ya nak.




0 komentar:

Posting Komentar