Hari / Tangaal : Kamis,22 Agustus 2024
Lesson : Tematik
Tema 2 : Persatuan dalam perbedaan
Muatan Pelajaran : PPKn (KD3.4), Bahasa Indonesia (KD 3.4), IPS (KD 3.4) SBDP (KD 3.3), MTK (KD 3.3)
Tujuan Pembelajaran :
1. siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri kalimat efektif pada teks tentang semangat persatuan
2.siswa mampu mengidentifikasi gerakan pada tari Indang.
3.siswa mampu mempresentasikan contoh makna upaya mempertahankan kemerdekaan
dalam kehidupan sehari-hari melalui peta pikiran.
4. siswa mampu menjelaskan cara memecahkan masalah terkait operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan pecahan dan desimal.
Good morning soleh solehah kelas VI B SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya di Tahun Ajaran Baru 2024/ 2025 baca doa belajar dulu ya nak..
Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 2 &3 kemarin?
bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang sejarah pertempuran di Ambarawa dan juga mengidentifikasi ciri-ciri hewan dan habitatnya
Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 4 dan 5 di subtema 2, kita akan mempelajari tentang tarian Indang yang nantinya kita akan mempraktekkannya serta berlatih mengerjakan soal tentang kalimat efektif
RINGKASAN MATERI
Upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia tidak hanya dilakukan
melalui pertempuran, namun juga dilakukan melalui jalur diplomasi,
perjanjian, dan perundingan, seperti Perjanjian Linggarjati, Perjanjian
Renville, Perjanjian Roem Roijen, dan Konferensi Meja Bundar (KMB).
Tugas Kelompok
Kamu akan dibagi atas 3 kelompok.
1. Kelompok A akan melengkapi peta pikiran tentang Perjanjian Linggarjati.
2. Kelompok B akan melengkapi peta pikiran tentang Perjanjian Renville.
3. Kelompok C akan melengkapi peta pikiran tentang Perjanjian Roem Roijen.
4. Kelompok D akan melengkapi peta pikiran tentang Perjanjian Konfrensi Meja Bundar (KMB).
Presentasikan peta pikiran yang telah kamu buat di depan kelas!
Matematika
perhatikan gambar garis bilangan untuk per sepuluhan, per seratusan,
dan per seribuan berikut
Perhatikan kembali soal cerita yang sudah kamu diskusikan!
Lani menggunakan pita sepanjang 0,5 meter, Siti menggunakan pita
sepanjang
1
4 meter, dan Dayu menggunakan pita sepanjang 1,2 meter.
Langkah Pertama.
Ubah pecahan ke dalam bentuk desimal.
Lani menggunakan 0,5 meter
Siti menggunakan
1
4 meter = 0,25 meter, Dayu menggunakan 1,2 meter
Untuk soal di atas, perhatikan angka pertama di belakang koma.
Setelah itu, urutkan bilangan tersebut.
Misalnya:
Urutan dari yang terbesar sampai yang terkecil:
1,2 0,5 0,25
Langkah-langkah
1. Pertama, perhatikan bilangan bulat yang ada sebelum koma. Bandingkan dan urutkan bilangan tersebut.
2. Jika bilangan sebelum koma nilainya sama, maka perhatikan bilangan setelah koma. Bandingkan dan urutkan bilangan tersebut.
3. Jika bilangan pertama setelah koma (per sepuluhan) nilainya sama, maka perhatikan nilai bilangan kedua setelah koma (per seratusan). Bandingkan dan urutkan bilangan tersebut, dan seterusnya.
Perhatikan soal cerita berikut!
Siti mempunyai 0,8 meter pita berwarna merah.
1
4 dari pita tersebut akan digunakan untuk menghias kado pada ulang tahun adiknya. Sisanya digunakan untuk mengikat rambut.
SBDP
mari kita perhatikan video pembelajaran berikut ini.
Amati gambar dan baca penjelasannya!
Pola lantai dalam tari Indang:
Kesimpulan
Alhamdulillah dari 23 siswa sudah mampumengidentifikasi ciri-ciri kalimat efektif pada teks tentang persatuan dan mengidentifikasi gerakan pada tari Indang namun masih ada 3 siswa yang masih memerlukan bimbingan dalam memahami operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan pecahan dan desimal.
Penutup
sekian pembelajaran untuk hari ini semoga kalian tetap semangat belajar dan selalu kerjakan sholat 5 waktunya ya nak
0 komentar:
Posting Komentar