Day / Date: : Selasa, 20 Agustus 2024
Lesson : Tematik
Tema 2 : Persatuan dalam perbedaan
Subtema 1 : Rukun dalam perbedaan
Pembelajaran : 5
Muatan Pelajaran : IPS( KD 3.4), SBdP (kd 3.3) dan matematika ( KD 3.3)
Tujuan Pembelajaran :
1. siswa mampu menyebutkan makna Proklamasi Kemerdekaan dengan benar.
2. siswa mampu menggambarkan pola lantai tariannya dengan benar.
3. siswa mampu menentukan bentuk operasi hitung campuran terkait pecahan dengan benar.
Apersepsi
Good morning soleh solehah kelas VIB SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya nak :) Mari membaca doa belajar dulu ya nak..
Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran tema 2 subtema 1apembelajaran 3 dan 4 kemarin?
bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang adaptasi tumbuhan berdasarkan habitatnta yaitu ada 3, hidrofit, higrofit dan xerofit, kemudian hari ini kita akan membahas materi di pembelajaran 5 yaitu tentang makna proklamasi kemerdekaan di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat serta kita akan belajar tentang pola lantai tarian daerah Indonesia selanjutnya untuk,matematika tentang operasi hitung pecahan.
Video pembelajaran Tema 2 Sutema 1 Pembelajaran 5
RINGKASAN MATERI
IPS ( KD 3.4)
Cinta terhadap budaya sendiri merupakan wujud dari penerapan makna Proklamasi Kemerdekaan. Indonesia memiliki beragam budaya yang sangat menarik. salah satunya adalah permainan Rangkul Alu yang akan dimainkan oleh Edo dkk. permainan ini berasal dari NTT, kegiatan ini dilakukan untuk merayakan hasilpanen perkebunan tani.
SBdP (KD 3.3)
Pola Lantai
Pola lantai adalah garis yang dilalui oleh penari saat melakukan gerakan tari. Pola lantai dapat dibentuk secara tunggal, berpasangan, atau berkelompok . contoh pola lantai dalam tari daerah antara lain : pola lantai vertikal , horizontal, melengkung, diagonal, zig zag. Contoh pola laintai melingkar pada tari kecak dari Balli, Contoh pola lantai horizontal pada tarii saman, tari Andun dari Bengkulu mengguna pola laintai diagonal
Jumlah potongan kue = 3 potong + 31 potong + 2 potong
Jumlah potongan kue = 36 potong
Jumlah kue batik yang dikirim oleh Ibu Titin.
1 kue batik = 12 potong
Jumlah kue batik = Jumlah potongan kue di tempat rapat : 12 potong
Jumlah kue batik = 36 potong : 12 potong
Jumlah kue batik = 3 potong
Jadi jumlah kue batik yang dikirim oleh Ibu Titin adalah 3
2. berikut ini adalah jawaban dari gambar pola lantai di atas!
Nama Tari | Pola Lantai |
Tari Seudati | |
Tari Andun | |
Tari Tandak | |
Tari Tambun dan Bungai |
Latihan :
1. Lani dan Siti membawa kotak kue batik buatan Ibu Titin ke rumah Edo. Satu kotak kue berisi 6 potong. Mereka membagi 2 1/6 kotak kepada 4 temannya. Apakah Lani dan Siti memiliki potongan kue yang cukup apabila setiap temannya mendapat 4 potong kue? Bagaimana kalau mereka membagi 3 potong kue untuk setiap temannya?
Kesimpulan
Alhamdulillah dari 23 siswa sudah mampu mamahami materi tentang makna Proklamasi Kemerdekaan dengan benar, menggambarkan pola lantai tarian,namun masih ada 3siswayang memerlukan bimbingan dalan menentukan operasi hitung bilangan pecahan.
Penutup
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar dan sukses semoga bermanfaat dan tetap semangat terus dalam belajarnya
0 komentar:
Posting Komentar