Kamis, 29 Agustus 2024

Materi ajar, Jumat 30 Agustus 2024

 

Hari / tanggal         : Jumat, 30 Agustus 2024

Lesson                      : Tematik

Tema 2                      : Persatuan dalam perbedaan

Subtema 3               : Bersatu Kita teguh
 
Pembelajaran           : 5 dan 6

Muatan Pelajaran     :Mtk(3.3), IPS (3.4), SBDP (3.3) dan B.Indonesia (3.4)


Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa mampu Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan, dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi..

2. siswa mampu  Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.

3. siswa mampu  Memahami penampilan tari kreasi daerah.

4. siswa mampu Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.

 

 

Apersepsi
Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VI B SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya nak... 

Sebelum belajar mari kita bersama sama berdoa terterlebih dahulu...

 


Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 4 kemarin? 

bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 5,6  di subtema 4, kita akan mempelajari tentang Memahami penampilan tari kreasi daerah.

 

RINGKASAN MATERI



‘Bersatu Kita Teguh’ adalah semboyan bangsa Indonesia dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan.

Ayo Berdiskusi 

Baca teks berikut dalam hati! Kemudian, diskusikan dalam kelompok! 

Upaya Bangsa Indonesia Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat di Awal Masa Kemerdekaan Indonesia 

Pada awal berdirinya Republik Indonesia, keadaan ekonomi Indonesia sangat buruk. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya harga barang-barang mahal akibat inflasi dan adanya blokade ekonomi oleh Belanda (NICA). Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah beserta rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan, di antaranya: Pada awal kemerdekaan, pemerintah dan rakyat Indonesia belum sempat melakukan perbaikan ekonomi secara baik. Baru bulan Februari 1946, pemerintah mulai memprakarsai usaha untuk memecahkan masalah-masalah ekonomi yang mendesak. Upaya-upaya tersebut meliputi: Pinjaman Nasional Program Pinjaman Nasional ini dilaksanakan oleh Menteri Keuangan. lr. Surachman. Pinjaman Nasional akan dibayar kembali selama jangka waktu 40 tahun.

Konferensi Ekonomi Konferensi ini dihadiri oleh para cendekiawan, para gubernur, dan para pejabat lainnya yang bertanggung jawab langsung mengenai masalah ekonomi di Jawa. Konferensi ini dipimpin oleh Menteri Kemakmuran, Ir. Darmawan Mangunkusumo. Tujuan konferensi ini untuk memperoleh kesepakatan yang bulat dalam menanggulangi masalah-masalah ekonomi yang mendesak, seperti masalah produksi dan distribusi makanan, sandang, serta status dan administrasi perkebunan. Pembentukan Badan Perancang Ekonomi Pembentukan Badan ini atas inisiatif Menteri Kemakmuran, dr. A.K. Gani. Badan ini merupakan badan tetap yang bertugas membuat rencana pembangunan ekonomi untuk jangka waktu 2 sampai 3 tahun. Rencana Kasimo (Kasimo Plan) Program ini disusun oleh Menteri Urusan Bahan Makanan I.J. Kasimo. Program ini berupa Rencana Produksi Tiga Tahun, 1948-1950 mengenai usaha swasembada pangan dengan beberapa petunjuk pelaksanaan yang praktis. Untuk meningkatkan produksi bahan pangan dalam program ini, Kasimo menyarankan agar : • menanami tanah-tanah kosong di Sumatra timur seluas 281.277 ha.; • di Jawa dilakukan intensifikasi dengan menanam bibit unggul; • pencegahan penyembelihan hewan-hewan yang berperan penting bagi produksi pangan; • di setiap desa dibentuk kebun-kebun bibit; • transmigrasi. Persatuan Tenaga Ekonomi Organisasi yang dipimpin B.R. Motik ini bertujuan untuk menggiatkan kembali partisipasi pengusaha swasta. Dengan dibentuknya PTE juga diharapkan dapat dan melenyapkan individualisasi di kalangan organisasi pedagang sehingga dapat memperkokoh ketahanan ekonomi bangsa Indonesia.

 

Ayo Berlatih 
Perhatikan soal cerita berikut! Sebuah kelompok tari Indang terdiri atas 4 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Berapakah rasio (perbandingan) siswa laki-laki terhadap siswa perempuan? Sebelum menjawab soal di atas, perhatikan penjelasan berikut terlebih dahulu! Apakah rasio (perbandingan) itu? Rasio digunakan untuk membandingkan beberapa jumlah atau kuantitas satu sama lain. Rasio yang paling sederhana adalah membandingkan dua nilai, namun membandingkan tiga nilai atau lebih juga mungki kon untuk dilakukan. Bagaimana langkah-langkah dalam menentukan rasio? 
Perhatikan gambar dan penjelasan berikut!



 

 

Latihan

1. Kerukunan hidup bermasyarakat merupakan syarat untuk ….
a. Mencapai kebahagiaan
b. Mencari dukungan negara lain
c. Mencari keuntungan negara
d. Menjaga keutuhan bangsa dan negara

2. Negara Indonesia dapat mencapai kemerdekaan karena rakyat ….
a. Bersatu padu
b. Gagah berani
c. Pandai silat
d. Pintar perang

3. Kita wajib …. Kemerdekaan.
a. Menuntut
b. Mensyukuri
c. Melupakan
d. Menjaga

4. Halangan dan kesulitan dapat teratasi dengan adanya ….
a. Bantuan negara lain
b. Pemimpin tangguh
c. Individualisme
d. Persatuan yang kuat dan erat

5. Yang berkewajiban menjaga persatuan dan kesatuan NKRI adalah ….
a. TNI
b. Presiden
c. Semua warga negara
d. Polisi

6. Kata baku biasa digunakan dalam ….
a. Kalimat nonformal
b. Kalimat formal
c. Percakapan harian
d. Menyapa orang yang lebih muda

7. Berikut ini contoh kata baku, kecuali ….
a. Apotek
b. Negri
c. Foto
d. Arsip

8. Kalimat yang menggunakan kata baku dengan benar yaitu ….
a. Sumpah Pemuda dicetuskan pada tanggal 28 Oktober 1928.
b. Memiliki rasa bangga sebagai bangsa dan negri.
c. Meningkatkan semangat Bhineka Tunggal Ika.
d. Masyarakat Indonesia mempunyai keberagaman yang amat banyak.

9. Warna merah-putih pada bendera negara kesatuan republik indonesia diambil dari kerajaan Majapahit.

Perbaikan penulisan kalimat di atas yang benar adalah ….
a. Warna merah-putih pada bendera negara kesatuan Republik indonesia diambil dari kerajaan Majapahit.
b. Warna Merah-Putih pada bendera negara kesatuan Republik Indonesia diambil dari kerajaan Majapahit.
c. Warna merah-putih pada Bendera Negara Kesatuan republik Indonesia diambil dari kerajaan majapahit.
d. Warna merah-putih pada bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia diambil dari Kerajaan Majapahit.

10. B.M. diah mengais memungut kembali naskah asli proklamasi yang sudah dibuang dari keranjang sampah dan mengantonginya.
Kalimat efektif yang tepat dari kalimat di atas adalah ….
a. B.M.Diah memungut kembali naskah asli proklamasi dari keranjang sampah dan mengantonginya.
b. B.M.Diah mengais naskah asli proklamasi yang sudah dibuang dari keranjang sampah dan mengantonginya di sakunya.
c. B.M.Diah mengais memungut kembali naskah asli proklamasi dari keranjang sampah dan mengantonginya di sakunya.
d. B.M. Diah mengais memungut kembali naskah asli proklamasi yang sudah dibuang dari keranjang sampah dan mengantonginya.

 

Kesimpulan

alhamdulillah, pembelajaranhariinisudah selesai. Dari 23 siswa,   siswa mampu  Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera,Memahami penampilan tari kreasi daerah, Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya. Namun masih ada 3 siswa yang masih memerulukan bimbingan dalam elakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan, dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi..

Penutup

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berlangsung dengan tertib. Mari kita tutup dengan membaca hamdallah (Alhamdulillahhirobbil alamin)



0 komentar:

Posting Komentar