Hari/Tanggal : Jumat, 2 Agustus 2024
Lesson : TematikMuatan Pelajaran : PKN (KD. 3.1)
Good morning soleh solehah kelas VIB SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya di Tahun Ajaran Baru 2024/ 2025 baca doa belajar dulu ya nak..
Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 4 kemarin? bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang penerapan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari
Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 6 ini kita akan mempelajari tentang penerapan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
RINGKASAN MATERI
Madia pembelajaran: Video (LCD Proyektor) dan Gambar simbol simbol pancasila
bacalah teks dibawah ini!
Siti dan teman-temannya diundang menghadiri acara syukuran di rumah
Udin. Di sana banyak makanan. Di meja sebelah kiri ada ayam goreng, sate ayam, dan ikan bakar. Di meja sebelah kanan terlihat ada rendang dan soto ayam. Wah, Siti dan teman-temannya bingung memilihnya. Semua terlihat enak. Beni mulai berjalan mengambil 10 tusuk sate ayam, 2 rendang, dan sepotong ikan bakar. Siti mengambil 3 tusuk sate saja. Edo mengingatkan Beni agar mengambil makanan secukupnya saja.
Apakah yang dilakukan oleh Beni sesuai dengan sila kelima Pancasila? Beni
melakukan pemborosan dan hal tersebut tidak baik bagi lingkungan dan
keberlangsungan hidup orang banyak. Pemborosan yang dilakukan Beni dapat
berakibat langkanya sumber hewani sebagai sumber makanan.
Bersikap adil, menghormati hak-hak orang lain, suka memberi pertolongan,
tidak boros, tidak bergaya hidup mewah, tidak merugikan kepentingan
orang lain, suka bekerja keras, dan menghargai hasil karya orang lain adalah
merupakan contoh penerapan sila kelima.
Latihan soal
1. Bagaimanakah seharusnya sikap Beni terhadap teman-temannya?
Kesimpulan
Alhamdulillah Pembelajaran hari ini sudah selesai, dan anak anak sudah memahami materi yang disampaikan. Kesimpulan yang di dapat dari materipembelajaran hari ini adalah penerapan sila-sila pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
0 komentar:
Posting Komentar