Senin, 29 Juli 2024

Materi Ajar, Selasa 30 Juli 2024

 

Hari/Tanggal            : Selasa, 30 Juli 2024

Mapel                      : Tematik

Tema 1                      :  Selamatkan Makhluk Hidup

Subtema 2                : Hewan sahabatku

Pembelajaran           : 2 & 3

Muatan Pelajaran      : PKN (KD. 3.1) , SBDP (KD. 3.4) & B. indonesia (KD 3.1) , IPA (KD. 3.1)

 


Tujuan Pembelajaran :  1. siswa mampu Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan2. siswa mampu Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari 

1. Apersepsi
 
Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VIB SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya di Tahun Ajaran Baru  2024/ 2025 baca doa belajar dulu ya nak.. 

  

Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 1 kemarin? bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang perkembangbiakan hewan, dan juga mengenal berbagai bentuk ekonomi di negara asean.

Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 2 ini kita akan mempelajari tentang menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar, dan membandingkan perkembangbiakan hewan dan tumbuhan.

RINGKASAN MATERI

Mari kita simak video berikut ini.

PERBEDAAN PERKEMBANGBIAKAN HEWAN & TUMBUHAN


Penerapan sila keempat dari sila Pancasila sangat penting dilakukan. Dalam
kehidupan sehari-hari, kamu mungkin menyaksikan beberapa permasalahan
dan akan teratasi saat sila ke empat dijalankan.

Berikut adalah contoh pelaksanaan sila keempat :
1. tidak memaksakan keinginan,
2. bermusyawarah,
3. mengutamakan kepentingan orang banyak, dan
4. menjalankan keputusan yang telah disepakati bersama.



LATIHAN 

Kerjakan soal di bawah ini dan pilihlah jawaban yang kamu anggap paling benar !

1. Perhatikan gambar berikut ini!

soal perkembangbiakkan pada jamur
Jenis tumbuhan di atas berkembang biak dengan . . . .
  1. Spora
  2. Tunas
  3. Akar tinggal
  4. Geragih

2.  Perhatikan tabel berikut:
NoNama hewanCara berkembang biak
1KelinciVivipar
2PenyuVivipar
3KelelawarOvipar
4JangkrikOvipar
5KadalOvovivipar
6Ularovipar
Pasangan yang tepat antara jenis hewan dan cara perkembangbiakannya adalah . . .
  1. 1, 3, 4, 5
  2. 1, 4, 5, 6
  3. 2, 3, 5, 6
  4. 3, 4, 5, 6

3. 
  1. Perhatikan gambar berikut ini
    pohon pisangubi jalar
    gambar 1gambar 2
    Cara perkembangbiakan vegetatif alami kedua tumbuhan tersebut secara berurutan yaitu ...
    1. Umbi lapis dan tunas
    2. Tunas dan akar tinggal
    3. Tunas dan umbi batang
    4. Akar tinggal dan geragih
4.  
  1. Perhatikan gambar hewan di samping!
    Soal latihan usbn tentang planaria
    Hewan di atas berkembang biak dengan cara . . . .
    1. membelah diri
    2. B. tunas
    3. C. fragmentasi
    4. bertelur
5. Tumbuhan berikut yang dapat dikembangbiakkan dengan vegetatif buatan adalah . . . .
  1. Bawang, lengkuas, jambu, ubi
  2. Tebu, singkong, mangga, rambutan
  3. Ubi, bawang, mangga, kunyit
  4. Kentang, ubi, bawang, pisang

6. Tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain merupakan butir pengamalan Pancasila pada ...

A. Sila 5

B. Sila 4

C. Sila 3

D. Sila 2

7. Melakukan rapat untuk mengatur rencana kerja bakti mencerminkan nilai dalam sila keempat Pancasila, yaitu . . .

A. Toleransi antar umat beragama

B. Musyawarah untuk mufakat

C. Persamaan derajat

D. Bersikap adil


8. Hubungan simbol sila keempat Pancasila dengan makna silanya adalah . . .

A. Sifat banteng yang gemar berkumpul diibaratkan seperti rakyat Indonesia yang gemar bermusyawarah

B. Sifat banteng yang mencari makan secara berkelompok diibaratkan dengan kelompok suku bangsa yang ada di Indonesia

C. Kekuatan banteng sebagai hewan diibaratkan dengan semangat juang bangsa Indonesia dalam melawan penjajah

D. Kemampuan banteng untuk mencari makan diibaratkan sebagai kekayaan alam bangsa Indonesia yang melimpah


9.  Kelas Rana mengadakan musyawarah. Setiap siswa boleh menyampaikan pendapatnya. Rana sedang menyampaikan pendapatnya. Pendapat Rana berbeda dengan pendapat Evan. Sikap Evan sebaiknya . . .

A. Meminta Rana diam

B. Memotong pembicaraan Rana

C. Meninggalkan ruang kelas karena kesal

D. Mendengarkan hingga Rana selesai berbicara


10. Manfaat mengambil keputusan kelompok melalui musyawarah adalah . . .

A. Tercapainya keputusan yang disetujui bersama

B. Keputusan terpaksa diterima oleh seluruh anggota kelompok

C. Berkurangnya tugas ketua kelompok dalam mengambil keputusan

D. Tidak semua anggota kelompok harus melaksanakan hasil keputusan


Kesimpulan

Alhamdulillah pembelajaran hari ni telah selesai, kesimpulan materi yang di dapat dari pembelajaran hari ini bahwa  perkembang biakan hewan dan tumbuhan memliki persamaan yakni sama sama ttumuh dan berkembang, peka terhadap rangsang, dan mampu beradaptasi dengan lingkungan.


Evaluasi & Refleksi

alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan lancar dan tertib.


Penutup

Semoga bermanfaat, besok kita bertemu lagi pada pembelajaran 4 ya nak.



0 komentar:

Posting Komentar