Rabu, 22 Mei 2024

Materi ajar, Rabu 22 Mei 2024

 


Hari/Tanggal : Rabu, 22 Mei 2024

Kelas : 4A

Mapel : Matematika

Capaian Pembelajaran Matematika :

Pada akhir fase B, peserta didik dapat melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama dengan hasil positif dan nilainya lebih besar

👉👉Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika:

peserta didik dapat mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan pecahan

2 peserta didik dapat menghitung pecahan yang senilai

     Materi : Cara Mengubah Pecahan Campuran ke Pecahan Biasa?

Sebelum belajar marilah kita bersamasama untuk belajar


Materi Matematika

Masih inggatkah kalian dengan yang sudah dipelajari pada minggu  lalu?? kita sudah bersama sama belajar materi menjmlahkan pecahan, mengrangkan pecahan dan pecahan senilai.

Nahh hari ini ita lanjutan dengan cara mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa

Bagaimana Cara Mengubah Pecahan Campuran ke Pecahan Biasa?

Salah satu bentuk soal yang kerap kali diujikan dalam materi pecahan adalah perubahan bentuk pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Berikut adalah cara mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa yang perlu kamu tahu. 



Bagaimana Cara Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Pecahan Campuran?

Bukan hanya pecahan campuran saja yang bisa berubah bentuk menjadi pecahan biasa, pecahan biasa pun juga bisa berubah bentuk menjadi pecahan campuran. Ini dia cara mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran. 



Bagaimana Cara Menghitung Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian Pecahan Biasa?

Sebagai salah satu bentuk bilangan, pecahan dapat dihitung menggunakan perhitungan aritmatika. Berikut adalah cara menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pecahan biasa. 


1. Penjumlahan Pecahan

Perhitungan aritmatika pecahan yang pertama adalah penjumlahan. Cara menghitung tambahan pecahan

dengan penyebut yang sama caranya cukup mudah, yaitu kamu hanya perlu menjumlahkan pembilangnya saja. Namun, berbeda jika pecahan memiliki penyebut yang berbeda.


Penjumlahan pecahan dengan angka penyebut yang berbeda-beda perlu disamakan terlebih dahulu. Kamu bisa menyamakan penyebut dengan mencari faktorisasi prima atau dengan mencari kelipatan dari kedua penyebut. 


Setelah disamakan, barulah kamu dapat menghitung penjumlahan pecahannya dengan cara berikut. 



2. Pengurangan Pecahan

Tak jauh berbeda dengan penjumlahan, berikut adalah cara mengerjakan pengurangan pecahan. 



3. Perkalian Pecahan

Berbeda dengan pengurangan dan penjumlahan, perkalian pecahan memiliki cara pengerjaan yang lebih simple. Kamu hanya perlu mengalikan penyebut dan pembilang pecahan saja. Cara penyelesaian ini berlaku untuk pecahan dengan pembilang sama maupun beda. Contohnya seperti berikut ini. 



Lalu, bagaimana cara mengalikan pecahan campuran? Perkalian pecahan campuran bisa kamu lakukan dengan mengubah terlebih dahulu pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Kemudian, kamu tinggal mengalikan pecahan tersebut dengan cara yang sama seperti di atas.


4. Pembagian Pecahan

Nah, dari seluruh perhitungan aritmatika pecahan, pembagian pecahan memiliki cara pengerjaan yang paling rumit. Cara penyelesaian pembagian pecahan ini dapat disebut dengan cara kupu-kupu. 


Nama tersebut diberikan karena cara menghitung pembagian pecahan adalah dengan mengalikan penyebut dan pembilang secara bersilangan yang menyerupai kupu-kupu. Supaya Sobat Pijar lebih paham, ini dia contoh perhitungan pembagian pecahan. 



Penutup

Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami yaa, Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok  yaitu Pendidikan Pancasila dan IPAS


Semangat belajar 💪💪


0 komentar:

Posting Komentar