Rabu, 15 Mei 2024

Materi Ajar, Rabu, 15 Mei 2024

 


Hari/Tanggal : Rabu, 15 Mei 2024

Kelas : 4A

Mapel : Matematika dan Bahasa Indonesia

Capaian Pembelajaran Matematika :

Pada akhir fase B, peserta didik dapat melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama dengan hasil positif dan nilainya lebih besar

👉👉Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika:

peserta didik dapat mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan pecahan

2 peserta didik dapat menghitung pecahan yang senilai

     Materi : penjumlahan dan pengurangan pecahan

👉👉Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia 

v  Peserta didik dapat menyebutkan permasalahan yang dialami tokoh di dalam cerita;

v  Peserta didik dapat menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks;

v  Peserta didik dapat membedakan informasi fakta dan opini; dan Peserta didik dapat menulis dengan struktur awal-tengah-akhir menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Tujuan Pembelajaran :

  • Melalui kegiatan membaca teks “Garuk-Garuk”, peserta didik mampu membaca nyaring dengan pengucapan yang baik.  
  • Melalui mencermati isi teks, peserta didik dapat mengidentifikasi dan menyebutkan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita.

Sebelum belajar marilah kita bersamasama untuk belajar


Materi Matematika

Masih inggatkah kalian dengan yang sudah dipelajari pada minggu  lalu?? kita sudah bersama sama belajar materi menjmlahkan pecahan, mengrangkan pecahan dan pecahan senilai.

Nahh hari ini ita lanjutan dengan menyederhanakan pecahan.

Langkah Sederhanakan Pecahan Dengan Pembagian Berulang-ulang

Untuk menyederhakan bilangan pecahan, kita bisa melakukan dengan membagikan secara berulang-ulang pada angka pembilang dan angka penyebut dengan bilangan yang sama. Untuk beberapa langkahnya ialah seperti berikut:

Pilih angka yang bisa membagikan penyebut dan pembilang. Angka itu dapat diawali dari angka paling kecil dahulu, misalkan 2. Bila tidak dapat, teruskan dengan angka 3, 4, 5, … dan sebagainya

Bagilah angka pembilang dan angka penyebut dengan bilangan yang sudah ditetapkan pada tahapan pertama
Bila hasil yang didapat pada tahapan ke-2 bisa dipisah kembali, ulang lagi hingga angka pembilang dan angka penyebutnya tidak dapat dipisah kembali

Contoh Masalah 1: Sederhanakan Pecahan Biasa

Wujud pecahan simpel dari 18/24 ialah …

Penuntasan:
18/24 = 18/24 : 2/2 = 9/12
9/12 = 9/12 : 3/3 = 3/4

Dari contoh di atas, karena itu bisa didapat keterangan seperti berikut:

Langkah awal sederhanakan pecahan ialah membagikan pembilang dan penyebut dengan angka yang bisa membagikan ke-2 nya. Pada contoh di atas, angka yang bisa membagikan ke-2 nya ialah 2. Maka 18/24 dipisah 2/2, hasilnya ialah 9/12
9/12 tidak bisa dipisah dengan angka 2, hingga mencari bilangan yang lain, yakni 3. Karena itu, 9/12 : 3/3 = 3/4
Karena 3/4 tidak dapat dipisah kembali, hingga 3/4 sebagai pecahan sederhanan dari 18/24.

Simak lagi yuk video di bawah ini untuk lebih mudah memahaminya. !!

👉👉👉KLIK DISINI

Semoga anak anak dirumah dapat memahaminya yaa...

Latihan soal

Tulislah kembali soal di bawah ini pada buku tulismu kemudian jawablah !


Materi bahasa Indonesia

Karena materi Bahasa Indonesia sudah selesai, anak anak silahkan mengerjakan latihan soal pada buku cerdas merdeka halaman 30 bagian II yaa..

Kesimpulan 

Alhamdulillah hari ini ini kita semua sudah mempelajari tentang penyederhanaan pecahan, semoga kalian semua mudah dalam memahami materi yaa...


Penutup

Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami yaa, Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok  yaitu Pendidikan Pancasila dan IPAS


Semangat belajar 💪💪




0 komentar:

Posting Komentar