Senin, 20 November 2023

Materi Ajar, Senin 20 November 2023

 


Hari/Tanggal : Senin, 20  November 2023

Kelas : 4A

Mapel : Bahasa Indonesia & Pendidikan Pancasila

👉Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia :

Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Indonesia:
2.1 Mampu mengidentifikasi majas personifikasi dalam cerita dan puisi

Fokus Materi : Membuat majas personifikasi

Capaian Penbelajaran Pendidikan Pancasila :
Peserta didik dapat: mengenal identitas diri dan temantemannya sesuai budaya, minat, dan perilakunya serta cara berkomunikasi dengan mereka; mengenali karakteristik fisik dan nonfisik orang dan benda yang ada di lingkungan sekitarnya; memahami bahwa kebinekaan dapat memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dan pemahaman yang baru.
Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila:
1. 3  Peserta didik menjelaskan pentingnya manfaat kerjasama dalam keberagaman di lingkungan sekitar ➢ Peserta didik mampu menceritakan bentuk contoh-contoh kerjasama dalam keberagaman di lingkungan sekitar
Fokus Materi : contoh-contoh kerjasama dalam keberagaman antar umat beragama
Sebelum belajar marilah kita bersamasama untuk belajar


Materi Bahasa Indonesia
presepsi
Masih inggatkah kalian dengan yang sudah dipelajari kemarin?? kemarin kita sudah belajar tentang melaporkan hasilwawancara.  Yuk kita lanjutkan materi selanjunya....

Hari ini kita melanjutkan materi  baru yaitu tentang majas personifikasi.

Majas Personifikasi

Majas adalah salah satu bentuk gaya bahasa yang biasanya digunakan dalam membuat sebuah kalimat menjadi semakin hidup. Dengan kata lain, majas bisa menjadi ungkapan yang bisa menghidupkan sebuah kalimat dengan menciptakan sebuah suasana.

Majas personifikasi adalah sebuah gaya bahasa yang indah, uang biasanya digunakan untuk mengungkapkan maksud tertentu pada sebuah tulisan, karya sastra, maupun ucapan untuk memberikan sifat manusiawi terhadap suatu benda di kehidupan nyata yang tidak memiliki sifat seperti itu.

Sifat manusia yang dialihkan ke makhluk yang bukan manusia atau benda mati meliputi, watak, karakter, ciri fisik, tingkah laku, pikiran, perasaan, verbal, nonverbal, dan sebagainya. Itu sebabnya, di dalam penggunaan majas ini terdapat persamaan sifat antara manusia dengan benda mati.

Contoh majas Personifikasi sebagai berikut

1. Atau alam mulai enggan bersahabat dengan kita, coba kita bertanya pada rumput yang bergoyang.”

2. Bulan dan bintang akan terus menemani perjalanan malam ini.

3. Tarian daun berguguran begitu indah dilihat saat senja seperti ini.


Tugas !

Menyesal 
(A. Hasyim) 


Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang datang membayang 
Batang usiaku sudah tinggi
Aku lalai di hari pagi
Beta lengah dImasa muda
Kini hidup meracuni hati
Miskin ilmu miskin harta undefined 


Dari puisi di atas, temukan majas yang terddapat dalam puisi tersebut!


Materi pendidikan Pancasila


Dengan menghargai perbedaan dan menumbuhkan sikap toleransi. Toleransi adalah cara menghargai dan menerima perbedaan atas berbagai perilaku, budaya, agama, dan ras yang ada di dunia ini.

Keberagaman menjadi berkah bagi bangsa Indonesia. Dengan berbagai suku bangsa, bahasa daerah dan adat istiadat, Indonesia memiliki kekayaan budaya yang menarik dunia.

Dengan menyadari bahwa masyarakat begitu banyak etinis, banyak kebiasaan dan norma maka siswa akan menjadi bangga sebagai warga negara yang berbhinneka.

Ditengah masyarakat, kesadaran akan keberagaman dilakukan dimulai dengan hal-hal kecil. Misalnya, menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar saat berkomunikasi di depan umum.

Sebagai bahasa persatuan, bahasa Indonesia merupakan pemersatu berbagai keberagaman yang ada di Indonesia.

Dari Sabang hingga Merauke, bahasa Indonesia dapat dipahami oleh berbagai penutur bahasa daerah yang jumlahnya beragam.

keragaman sosial budaya menjad kebudayaan nasional yang berlandaskan Undang-Undang Dasar. Sebagai pelajar, generasi muda dan anggota masyarakat hendaknya mengembangkan keragaman sosial budaya menjadi kebudayaan nasional dengan landasan dan arah tujuannya yang dituangkan dalam penjelasan pasal 32 UUD 45 yang berbunyi:
“Kebudayaan bangsa ialah kebudayaan yang timbul sebagai buah usaha budinya rakyat Indonesia seluruhnya. Kebudayaan-kebudayaan lama dan asli yang terdapat sebagai puncak-puncak kebudayaan di daerah-daerah di seluruh Indonesia, terhitung sebagai kebudayaan bangsa. Usaha kebudayaan harus menuju ke arah kemajuan adab, budaya dan persatuan dengan tidak menolak bahan-bahan baru dari kebudayaan asing yang dapat memperkembangkan atau memperkaya kebudayaan bangsa sendiri serta mempertinggi derajat kemanusiaan bangsa Indonesia”.

Bentuk kerjasama ini adalah sebagai berikut:

  • Saling memberikan bantuan jika salah satu kesusahan.
  • Saling menjaga tempat ibadah pada saat perayaan hari raya.
  • Adanya dialog antar tokoh umat beragama yang membicarakan tentang kerjasama.
  • Saling menciptakan kedamaian dan kerukunan di masyarakat.
Tugas !
Ceritakan dan deskripsikan contoh kerjasama dilingkungan rumahmu yang berkaitan dengan keberagaman agama.

Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami  Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok  yaitu MTK dan Bahasa Indonesia . .



0 komentar:

Posting Komentar