Selasa, 29 Juli 2025

Materi Ajar, Selasa 29 Juli 2025

 



 Hari/Tanggal                 : Selasa, 29 Juli 2025

Fase / Kelas                    : C / 6 A

Muatan Pembelajaran     :   1. IPAS(Peredaran Darah dalam Tubuh Manusia )
                                            2.Bahasa Indonesia (Menulis Formulir Pendaftaran dan Daftar Riwayat hidup)
Metode Pembelajaran     :  Cooperative Learning
Media Pembelajaran       : Gambar, Video dan LKPD
                                   

Capaian Pembelajaran IPAS

Murid memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; hubungan antar komponen biotic dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem; siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air; fenomena gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari; upaya penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya sebagai upaya mitigasi perubahan iklim;sistem tata surya dan kaitannya dengan rotasi dan revolusi bumi; letak dan kondisi geografis negara Indonesia melalui peta konvensional/digital; sejarah perjuangan para pahlawan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya; keragaman budaya nasional yang dikaitkan dengan konteks kebinekaan berdasarkan pemahamannya terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlakudi wilayahnya; serta kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif dilingkungan sekitar.

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia

Murid mampu menganalisis informasi berupa fakta dan nilai-nilai dari berbagai jenis teks (fiksi dan informasional) yang disajikan dalam bentuk lisan maupun tulisan. Peserta didik berpartisipasi aktif dalam diskusi, serta mampu menulis teks naratif dan surat untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur.

Tujuan Pembelajaran IPAS :

Murid dapat menjelaskan peran system peredaran darah,serta fungsi organ-organ yang terlibat dalam sistem peredaran darah dalam tubuh manusia 

Tujuan Pwmbelajaran Bahasa Indonesia:

 Murid dapat  membuat formulir pendaftaran sesuai  teks prosedur pengisiannya


Materi IPAS

Organ sistem peredaran darah pada manusia terdiri atas jantung, pembuluh darah, dan darah.

1. Jantung 
Jantung manusia terletak di rongga dada sebelah kiri. Secara umum, jantung berfungsi untuk memompa darah. Jantung pada manusia terdiri atas empat ruang yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri. seperti apakah ruangan jantung itu? 
Yuk perhatikan gambar tersebut, bagaimana cara menggunakannya?💁

a. Jantung manusia terdiri atas 4 ruangan, ada serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan dan bilik kiri.

b. Untuk memudahkan mengingat : 
Perhatikan gambarnya (box berwarna oranye dan oval hitam) di sana tertulis bahwa 
  • serambi : menerima darah
  • bilik memompa darah. 
  • Pada oval hitam tertulis kanan kanan kotor, kiri bersih 
Artinya : Serambi jantung berfungsi untuk menerima darah, sedangkan bilik jantung berguna untuk memompa darah
 
Jantung sisi kanan berisi darah kotor (kaya karbondioksida), sedangkan jantung sisi kiri berisi darah bersih (kaya oksigen)

sehingga fungsi bagian jantung adalah :
Serambi kanan : menerima darah kaya karbondioksida dari seluruh tubuh
Serambi kiri : menerima darah kaya oksigen dari paru-paru 
Bilik kanan : memompa darah kaya karbondioksida ke paru-paru
Bilik kiri : memompa  darah kaya oksigen ke seluruh tubuh

2. Pembuluh Darah 
Pembuluh darah pada manusia terdiri dari pembuluh darah nadi, pembuluh darah vena dan pembuluh darah kapiler

sumber gambar : google image

a. Pembuluh Darah Nadi atau Arteri 
Pembuluh darah ini mengalirkan darah kaya oksigen ke seluruh tubuh, kecuali nadi paru-paru yang mengalirkan darah kaya karbondioksida

b. Pembuluh Darah Vena atau Pembuluh Darah Balik
Pembuluh darah ini mengalirkan darah kaya karbondioksida dari seluruh tubuh menuju ke serambi kanan jantung, kecuali vena paru-paru yang mengalirkan darah kaya oksigen 
c. Pembuluh Darah Kapiler
Pembuluh darah ini merupakan pembuluh darah terkecil yang mengalirkan darah ke sel tubuh. 

Lalu, apakah perbedaan antara Nadi dan Vena? 
No.
Pembeda
Nadi
Vena
1
Letak
Di sebelah dalam
Dekat permukaan kulit
2.
Dinding pembuluh darah
Tebal dan elastis
Tipis dan tidak elastis
3.
Denyut
Terasa
Tidak terasa
4
Arah aliran
Meninggalkan jantung
Menuju jantung
5
Aliran darah jika terpotong
Memancar
Menetes

3. Darah 
Darah pada manusia terdiri atas plasma darah dan sel darah. Plasma darah terdiri atas cairan darah yang berisi bermacam-macam protein darah.

Sel darah terdiri atas : 
a. sel darah merah (eritrosit) yang berguna untuk mengangkut sari-sari makanan, oksigen dan karbondioksida
b. sel darah putih (leukosit) yang berguna sebagai antibodi atau pelindung tubuh dari serangan kuman dan penyakit
c. keping-keping darah (trombosit) yang berguna untuk proses pembekuan darah saat terjadi luka. 
B. Aliran Darah / Peredaran Darah 
Peredaran darah pada manusia merupakan peredaran darah tertutup karena mengalir melalui pembuluh darah

Peredaran darah pada manusia juga disebut peredaran darah ganda karena dalam satu kali peredarannya dua kali melalui jantung

Peredaran darah manusia ada empat macam yaitu 
a. peredaran darah besar
b. peredaran darah kecil
c. peredaran darah kotor
d. peredaran darah bersih 

Materi Bahasa Indonesia

Pengertian Formulir

Formulir merupakan lembaran kertas yang berisi beberapa pertanyaan yang harus diisi.

Biasanya formulir juga disebut dengan borang yang merupakan alat untuk merekam atau mendapatkan informasi.

Di dalam formulir berisi identitas dan data yang sebenarnya.

Tujuan Formulir

Adapun tujuan dari formulir, yaitu:

1. Agar mempermudah pencacatan data.

2. Dapat mempercepat kegiatan administrasi.

3. Agar mendapat data-data yang akurat.

Berikut contoh formulir pembukaan rekening siswa :




kesimpulan
Pada pembelajaran IPAS guru mengawali pembelajaran dengan mengajak murid untuk mengingat materi yang sudah dijelaskan pada pertemuan minggu lalu. Setelah murid mengingat kembali guru melanjutkan dengan menjelaskan sistem kerja jantung pada tubuh manusia kemudian guru melakukan tanya jawab kepada siswa tentang materi yang sudah dijelaskan kemudian guru membagi murid ke dalam beberapa kelompok dan masing-masing kelompok mencari artikel tentang cara kerja jantung dan dilanjutkan dengan masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. Dari 17 murid 3 siswa masih kesulitan untuk dapat menjelaskan kembali cara kerja jantung pada tubuh manusia.

Pada pembelajaran bahasa indonesia guru mula mula mengajak siswa tentang materi yang sudah dipelajari pada pertemuan minggu sebelumnya tentang unsur intrinsik cerita, setelah murid mengingat kembali. guru mengajak siswa untuk melanjutkan pembelajaran. Guru menjelaskan tentang formulir dan biodata diri dengan media powerpoin, dan tata cara penulisann yang baik dan benar. setelah seluruh siswa memahami dan tidak ada pertanyaan dari siswa. guru meminta siswa untuk menuliskan Biodata diri dan formulir pendaftaran sebagai anggota perpustakaan. Dari 17 murid satu siswa belum selesai dalam biodata diri dan formulir pendaftaran tersebut.


Penutup
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat. dan kita akan lanjutkan pada pertemua selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar