Selasa, 07 November 2023

Materi Ajar, Selasa 7 November 2023

 


Hari/Tanggal : Selasa, 7  November 2023

Kelas : 4A

Mapel : Matematika & Bahasa Indonesia

Capaian Penbelajaran Matematika :

Geometri. Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segi empat, segitiga, segi banyak).

Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika:

1.1  mengetahui definisi diagonal dan memahami karakteristik diagonal dari berbagai segi empat

       Fokus Materi :Garis diagonal pada segi empat

👉Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia :

Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Indonesia:
2.1 Mampu membuat laporan hasil wawancara


Sebelum belajar marilah kita bersamasama untuk belajar


Materi Matematika
Apresepsi
Masih inggatkah kalian dengan yang sudah dipelajari kemarin?? kemarin kita sudah belajar tentang jenis jenis segi empat dan sifatnya.  Yuk kita lanjutkan materi selanjunya....

Hari ini kita melanjutkan materi  mengenal garis diagonal pada segi empat.
Setiap garis yang menghubungkan titik-titik sudut yang berhadapan disebut diagonal. Ada 2 diagonal di setiap segiempat.

1. Ayo, hubungkan titik sudut yang berhadapan pada segiempat
Diagonal
2. Perhatikan jajargenjang, belah ketupat, persegi panjang, dan persegi pada halaman sebelumnya dan cocokkanlah dengan sifat-sifat berikut.
① Segiempat dengan 2 diagonal yang saling tegak lurus.
Belah ketupat dan Persegi
② Segiempat dengan 2 diagonalnya memiliki panjang yang sama.
Persegi panjang dan Persegi
③ Segiempat dengan 2 diagonal yang panjangnya sama dan saling berpotongan tegak lurus.
Persegi
④ Segiempat dengan 2 diagonalnya terbagi dua sama panjang di perpotongannya.
Persegi panjang, Jajaran genjang dan persegi

3. Gambarlah segiempat berikut dengan menggunakan sifat-sifat pada nomor 2.
Segi4
① Suatu belah ketupat dengan panjang diagonal 4 cm dan 3 cm.
② Suatu persegi dengan panjang diagonal 4 cm

Bangun Apa yang Dapat Kamu Buat?
4. Perhatikan gambar di sebelah kanan. Segiempat apa yang bisa kamu buat dengan menghubungkan empat titik.
Bangunan
① B, C, E, dan F.
② G, I, J, dan L.
③ G, C, J, dan F.
④ A, H, D, dan K.

Segi empat (1) adalah persegi panjang karena panjang dari titik di mana panjang dua garis diagonal berpotongan ke setiap titik adalah sama, dan kedua garis diagonal tidak berpotongan secara tegak lurus.

Segi empat (2) berbentuk bujur sangkar/persegi karena panjang dari titik di mana dua garis diagonal berpotongan ke setiap titik adalah sama, dan dua garis diagonal berpotongan secara tegak lurus.

Segi empat (3) berbentuk belah ketupat karena kedua diagonal berpotongan secara tegak lurus pada titik tengahnya dan panjang kedua diagonal tidak sama.

Segi empat (4) adalah jajaran genjang karena setiap diagonal dibagi dua di tengah dan panjang kedua diagonal tidak sama.

Latihan
1. Tulislah kata yang tepat pada kotak dengan melihat gambar di sebelah kanan.
Bangun
① Suatu segiempat yang memiliki sepasang sisi berhadapan disebut dengan.
Trapesium
② Suatu segiempat yang kedua pasang sisi berhadapan disebut.
Jajaran genjang
③ Suatu segiempat yang kedua pasang sisi sama panjang disebut
Belah ketupat
Mampu menjelaskan pengertian trapesium, jajaran genjang, dan belah ketupat sesuai dengan gambar dalam kotak. dengan mengisi jawaban dalam kotak, pemahaman tentang pengertian akan lebih mendalam.

2. Gambarlah jajargenjang seperti pada gambar di bawah ini
Jajaran genjang
Jajaran genjang dan belah ketupat dapat digambar dengan menggunakan sifat dan pengertian dari gambar. Siswa dapat menggambar dengan baik menggunakan busur derajat, jangka, dan penggaris segitiga. Siswa dapat menggambar bangun lewat berbagai cara dengan menggunakan pengertian dan sifat jajaran genjang dan belah ketupat. Selain itu, dapat menjelaskan bagaimana pengertian dan sifat jajaran genjang dan belah ketupat yang digunakan pada saat menggambar

3. Gambarlah sebuah belah ketupat yang panjang diagonalnya 5 cm dan 3 cm
Belah Ketupat

Materi Bahasa Indonesia 

Cara Menulis Laporan Hasil Wawancara

Berikut ini,beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menulis laporan yang baik mengenai hasil wawancara, yaitu:

1. Menulis Latar Belakang Wawancara

Latar belakang ini biasanya berisikan suasana saat kita melakukan wawancara dan alasan kita memilih topik tertentu untuk narasumber yang kita wawancara.

2. Menuliskan Maksud dan Tujuan Wawancara

Setelah kita menuliskan latar belakang wawancara, langkah selanjutnya adalah menuliskan maksud dan tujuan wawancara dilakukan.

Penulisan maksud dan tujuan wawancara ini bertujuan agar yang membaca laporan hasil wawancara kita bisa memahami wawancara yang kita lakukan.

“Langkah pertama untuk menulis laporan hasil wawancara yaitu menuliskan latar belakang wawancara.”

3. Menuliskan Topik Wawancara

Topik atau tema wawancara ini sebisa mungkin kita tulis secara padat dan jelas, misalnya “cara menamam sayur yang baik dan benar.

Sebisa mungkin, kita jangan menuliskan topik yang melenceng dari wawancara, karena bisa membuat pembaca bingung.

4. Menuliskan Waktu dan Tempat Wawanca

Informasi tentang waktu dan tempat kegiatan wawancara berlangsung juga penting di dalam laporan hasil wawancara.

Kita bisa menuliskan secara lengkap tentang waktu dan tempat wawancara dilakukan agar bisa membuktikan hasil wawancara.

Wawancara ini dilakukan pada:

Hari/Tanggal: Kamis, 9 Desember 2021

Waktu: Pukul 08:00 – 09:30 WIB

Tempat: Perkebunan Bapak Edi

 

"Menuliskan topik wawancara pada bagian laporan hasil wawancara agar memudahkan pembaca memahami hasil wawancara yang kita lakukan."

 

5. Menulis Hasil Wawancara

Pada bagian menulis hasil wawancara, kita bisa menuliskan nama narasumber, nama yang mewawancarai, dan hasil wawancara yang sudah dilakukan.

Informasi yang sudah kita dapat saat wawancara, baik berupa rekaman maupun tulisan, bisa kita tulis lagi dengan lebih rapih dan jelas.

Tujuannya agar hasil wawancara kita bisa dibaca kembali oleh pembaca dan mudah dipahami.

Contohnya:

Narasumber: Bapak Edi

Pewawancara: Yudha

Hasil Wawancara:

Pada hari kamis, 9 Desember 2021, pukul 08.00 sampai 09.30, saya melakukan wawancara dengan narasumber bernama bapak Edi tentang cara menanam sayur yang baik dan benar.

6. Kesimpulan

Nah, bagian akhir laporan hasil wawancara ini yaitu kesimpulan yang berisikan rangkuman dari hasil wawancara yang sudah kita lakukan.

Pada bagian kesimpulan ini, kita harus menulisnya dengan singkat, padat, dan jelas serta di dalamnya sudah terangkum hasil wawancara yang penting.

Tugas !

Kemarin kita sudah melaksanakan wawancara dengan berbagai pihak, masih ingat dengan hasil wawancaranya yaa.. ? hari ini kita akan melanjutkan tugasnya yaitu dengan menuliskan hasil laporan wawancara. kalian mengerjakan dengan teman kelompok yang sudah ditentukan kemarin ❤❤❤

Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami  Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok  yaitu MTK dan IPKN




0 komentar:

Posting Komentar