Rabu, 19 November 2025

Materi Ajar Rabu, 19 November 2025

   

 

Hari/Tanggal                   : Rabu, 19 November  2025

Fase / Kelas                    : C / 6A

Muatan Pembelajaran     :    1.  IPAS(Benua di dunia)
                                             2. Bahasa Indonesia (Mengidentifikasi ide pokok paragraf)
                                             3.Matematika (Rasio)
Metode Pembelajaaran    :  1. IPAS (Problem Based Learning)
                                            2. Bahasa Indonesia (Cooperative Learning)
                                            3. Matematika (PBL)
Media Pembelajaran        : Video dan LKPD
                                           
Capaian Pembelajaran IPAS

Murid memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; hubungan antar komponen biotic dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem; siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air; fenomena gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari; upaya penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya sebagai upaya mitigasi perubahan iklim;sistem tata surya dan kaitannya dengan rotasi dan revolusi bumi; letak dan kondisi geografis negara Indonesia melalui peta konvensional/digital; sejarah perjuangan para pahlawan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya; keragaman budaya nasional yang dikaitkan dengan konteks kebinekaan berdasarkan pemahamannya terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlakudi wilayahnya; serta kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif dilingkungan sekitar.

Tujuan Pembelajaran IPAS :

Murid dapat memahami benua benua di dunia

Capaian Pembelaaran Bahasa Indonesia

Pada akhir fase C, Murid  mampu menganalisis informasi berupa fakta dan nilai-nilai dari berbagai jenis teks (fiksi dan informasional) yang disajikan dalam bentuk lisan maupun tulisan. Peserta didik berpartisipasi aktif dalam diskusi, serta mampu menulis teks naratif dan surat untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur.

Tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia 

Murid dapat  mngidentifikasi ide pokok paragraf

Capaian Pembelajaran Matematika

Pada akhir fase C, peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada bilangan cacah sampai 1000 (contoh : 10 x ... = 900, dan 900 : ... = 10).Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan perkalian dan pembagian. Mereka dapat bernalar secara proporsional untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dengan rasio satuan. Mereka dapat menggunakan operasi perkalian dan pembagian dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang terkait dengan proporsi.

Tujuan Pembelajaran Matematika

Siswa mampu menghitung rasio dan mengaitkan dalam kehidupan sehari hari

Materi  IPAS

Dunia adalah tempat yang luas dan penuh keajaiban. Terdapat beragam benua, negara, dan bentang alam yang menakjubkan. Mari kita belajar tentang keragaman geografis dunia dan bagaimana manusia berinteraksi dengan lingkungannya.

Bumi kita terbagi menjadi enam benua yang masing-masing memiliki karakteristik unik.

  1. Benua Asia:
    • Benua terbesar di dunia, mencakup sekitar 30% dari total luas daratan Bumi.
    • Memiliki keragaman geografis yang luar biasa, mulai dari pegunungan tinggi (Himalaya) hingga gurun pasir yang luas (Gobi).
    • Rumah bagi berbagai budaya dan peradaban kuno, seperti Tiongkok, India, dan Mesopotamia.
    • Terdiri dari beberapa wilayah: Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Selatan, Asia Tengah, dan Asia Barat.
    • Beberapa negara di Asia: Indonesia, Jepang, Cina, India, Korea Selatan, Arab Saudi, dll.
  2. Benua Amerika:
    • Terdiri dari tiga bagian: Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.
    • Memiliki bentang alam yang beragam, termasuk pegunungan Rocky, Andes, Amazon, dan Grand Canyon.
    • Kaya akan sumber daya alam, seperti minyak bumi, gas alam, dan mineral.
    • Beberapa negara di Amerika: Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Brazil, Argentina, dll.
  3. Benua Afrika:
    • Benua terbesar kedua setelah Asia.
    • Memiliki iklim yang sebagian besar tropis dan subtropis.
    • Terkenal dengan gurun Sahara, sungai Nil, dan padang savana yang luas.
    • Beberapa negara di Afrika: Mesir, Afrika Selatan, Nigeria, Kenya, dll.
  4. Benua Eropa:
    • Benua terkecil kedua setelah Australia.
    • Memiliki iklim yang sebagian besar sedang.
    • Terkenal dengan Pegunungan Alpen, Sungai Danube, dan berbagai kota bersejarah.
    • Sebagian besar negara di Eropa tergabung dalam Uni Eropa.
    • Beberapa negara di Eropa: Prancis, Jerman, Italia, Inggris, Spanyol, dll.
  5. Benua Australia:
    • Benua terkecil di dunia.
    • Terdiri dari satu negara, yaitu Australia, dan beberapa pulau kecil.
    • Memiliki iklim yang sebagian besar kering dan semi-kering.
    • Terkenal dengan Great Barrier Reef, Outback, dan hewan-hewan unik seperti kanguru dan koala.
  6. Benua Antartika:
    • Benua paling selatan di Bumi, terletak di Kutub Selatan.
    • Hampir seluruh wilayahnya tertutup es.
    • Tidak memiliki penduduk tetap, hanya dihuni oleh para ilmuwan dan peneliti.
    • Berperan penting dalam mengatur iklim global.

Materi Bahasa Indonesia

Materi menulis laporan hasil pengamatan kelas mencakup langkah-langkah dan contoh-contoh yang dapat membantu siswa dalam menyusun laporan hasil pengamatan mereka. Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam menuls laporan hasil pengamatan:


Matei Matematika

Pengertian Rasio

Langkah-langkah Menghitung Rasio

  1. Bagi Nilai yang DiperbandingkanHitung rasio dengan membagi salah satu nilai dengan nilai lainnya. Misalnya, jika Anda ingin menghitung rasio usia Ayah (50 tahun) dan Paman (40 tahun), Anda dapat menghitungnya sebagai berikut:
Rasio=Usia AyahUsia Paman=5040=54 atau 5:4

  1. Latihan soal Matematika
  2. 1. Sebuah bingkai berukuran 120 cm x 80 cm
    a. Berapa rasio dari panjang dan lebar bingkai
    b. Apa arti rasio dari nomor a?

  3. 2. Di sebuah kelas terdapat 24 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Berapa perbandingan jumlah siswa laki-laki terhadap jumlah siswa perempuan?

  4. 3. Jika ada 30 siswa di kelas. 18 siswa laki laki dan 12 siswa perempuan. Berapa perbandingan jumlah siswa laki-laki terhadap jumlah siswa perempuan?

  5. 4. Rasio jumlah kucing dan anjing yang dirawat di suatu klinik hewan ialah 2:5. Apabila di klinik itu ada 10 ekor kucing yang dirawat, berapa total hewan di klinik itu? 

  6. 5. Diketahui rasio panjang kayu A dan B merupakan 5:8. Apabila panjang kayu A adalah 25 cm, maka panjang kayu B adalah…

  7. 6. Diketahui panjang pita mereka totalnya adalah 60 cm. Hitung panjang pita Beni! 

Penutup
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat. dan kita akan lanjutkan pada pertemua selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar