Hari/Tanggal : Senin, 21 Juli 2025
Fase / Kelas : C / 6A
Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia
Peserta didik mampu menganalisis informasi berupa fakta dan nilai-nilai dari berbagai jenis teks (fiksi dan informasional) yang disajikan dalam bentuk lisan maupun tulisan. Peserta didik berpartisipasi aktif dalam diskusi, serta mampu menulis teks naratif dan surat untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur.
Good morning soleh solehah kelas VI di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak..
Adapun tujuan pembelajaran pada hari ini adalah Murid diharapkan dapat memahami dan menunjukkan hubungan nilai-nilai pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh dalam kehidupan sehari-hari untuk materi Pendidikan Pancasila dan Murid dapat memahami, menganalisis dan mengidentifikasi perasaan tokoh, permasalahan yang dihadapinya, serta solusi dalam teks narasi "Aku Anak Indonesia".
1. Materi Pendidikan Pancasila
Cerpen adalah sebuah kisah cerita pendek atau singkat, dengan satu tokoh atau lebih yang ditulis dengan alur yang lebih ringkas.
Cerpen memberikan kesan tunggal yang dominan karena ceritanya hanya memusatkan pada satu tokoh, satu kejadian hingga satu permasalahan.
Cerpen menceritakan mengenai kisah satu tokoh atau lebih yang ditulis dengan alur yang lebih ringkas, sehingga tak memerlukan waktu lama untuk menyelesaikannya.
Nah, unsur-unsur intrinsik cerpen merupakan unsur yang terbentuk dari dalam cerpen itu sendiri.
Unsur-unsur Instrinsik Cerpen
Terdapat tujuh macam unsur intrinsik dalam cerpen, yaitu tema, tokoh dan penokohan, latar, alur, sudut pandang, amanat. Berikut penjelasannya.
1. Tema
Tema merupakan gagasan utama yang dalam sebuah cerita. Tema juga menentukan latar belakang dari cerita.
Bisa dikatakan, tema ini adalah nyawa dari sebuah cerita, Kids.
Contoh: Persahabatan
2. Tokoh
Tokoh merupakan pelaku dalam sebuah cerita. Tokoh dibagi menjadi dua bagian, yaitu tokoh utama dan tokoh tambahan.
Tokoh utama adalah tokoh yang berinteraksi secara langsung atau terlibat dalam konflik.
Tokoh tambahan adalah tokoh yang hanya diungkapkan dalam cerpen namun tidak ada interaksi yang dilakukan tokoh.
3. Latar
Latar merupakan gambaran tempat, waktu, dan suasana cerpen. Latar bisa memudahkan kita membayangkan situasi dan kondisi dalam sebuah cerita.
Contoh: Rumah Lisa, depan rumah, siang hari yang cerah, sinis.
4. Alur dan plot
Alur merupakan jalan kronologi peristiwa dalam cerita pendek. Alur juga dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu, alur maju, alur mundur, alur campuran.
Contoh: Menggunakan alur maju karena peristiwa-peristiwa diutarakan mulai awal sampai akhir atau masa kini menuju masa datang.
5. Sudut pandang
Sudut pandang merupakan pandangan pengarang terhadap cerpen. Bisa jadi pengarang menjadi orang pertama atau orang ketiga.
Sudut pandang orang pertama ditandai dengan penggunaan kata ganti orang aku, saya, dan sebagainya.
Sudut pandang orang ketiga ditandai dengan penggunaan kata ganti orang seperti dia, mereka, dan sebagainya.
Contoh: Sudut pandang orang pertama pelaku sampingan.
6. Amanat
Amanat merupakan pesan moral yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembaca melalui cerpen.
Contoh: Dalam menjalin pertemanan, kita harus selalu baik
Latihan Soal
Pendidikan Pancasila
Buatlah masing masing 3 penerapan dari masing-masing sila pancasila yang terdapat dalam kehidupan sehari hari !
Bahasa Indonesia
Mari kita bersama sama pergi ke perpustakaan dan carikan buku cerita kemudian identifikasilah unsur instrinsik yang terdapat dalam cerita yang kalian baca !
0 komentar:
Posting Komentar