Selasa, 23 April 2024

Materi Ajar, Selasa, 23 April 2024

  


Hari/Tanggal : Selasa, 23 April  2024

Kelas : 4A

Mapel : Matematika & Bahasa Indonesia

Capaian Pembelajaran Matematika :

Pada akhir fase B, peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasikan data dalam bentuk tabel, digram gambar, piktogram, diagram garis dan diagram batang (Skala satu satuan).

👉👉Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika:

① peserta didik menganalisis data banyaknya benda menggunakan turus dan hasil pengukuran benda dalam diagram batang dengan tepat. dan dapat mengkaitkan manfaat diagram batang dengan kejadian yang sehari-hari dengan tepat.

     Materi : Penyusunan data

👉👉Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia 

v  Peserta didik dapat menyebutkan permasalahan yang dialami tokoh di dalam cerita;

v  Peserta didik dapat menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks;

v  Peserta didik dapat membedakan informasi fakta dan opini; dan Peserta didik dapat menulis dengan struktur awal-tengah-akhir menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Tujuan Pembelajaran :

  • Melalui kegiatan membaca teks “Garuk-Garuk”, peserta didik mampu membaca nyaring dengan pengucapan yang baik.  
  • Melalui mencermati isi teks, peserta didik dapat mengidentifikasi dan menyebutkan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita.


Sebelum belajar marilah kita bersamasama untuk belajar


Materi Matematika
Apresepsi
Taqobbalallahuminna Waminkum Minna Waminkum Taqobbal ya karimm.. Minal Aidin wal Faizin mohon maaf lahir dan batin anak shoeh sholehah semua...

Setelah berpuasa sebulan penuh, Alhamdulillah hari ini kita berjumpa lagi untuk melanjutkan pembelajaran kita yaa...

Masih inggatkah kalian dengan yang sudah dipelajari pada bulan lalu?? kita sudah bersama sama mnenghitung luas bangun datar, semoga dapat dipahami dengan mudah ya nak....

Yuk kita lanjutkan materi nya tentang materi penyusunan data.

Penyusunan Tabel

Berikut adalah catatan kecelakaan di 2 sekolah.

Ayo ringkas data pada kedua tabel agar mudah dibaca dan selidiki kecelakaan yang terjadi di sekolah.

Di mana kecelakaan yang sangat sering terjadi?

Jawaban :

Banyaknya kecelakaan di lapangan Sekolah A = 3

Banyaknya kecelakaan di lapangan Sekolah B = 3

Banyaknya kecelakaan di Koridor Sekolah A = 2

Banyaknya kecelakaan di Koridor Sekolah B = 1

Banyaknya kecelakaan di Ruang Kelas Sekolah A = 2

Banyaknya kecelakaan di Ruang Kelas Sekolah B = 3

Banyaknya kecelakaan di Ruang Olahraga Sekolah A = 4

Banyaknya kecelakaan di Ruang Olahraga Sekolah B = 3

Banyaknya kecelakaan di Tangga Sekolah A = 0

Banyaknya kecelakaan di Tangga Sekolah B = 1

Jadi, kecelakaan yang sangat sering terjadi yaitu di Ruang Olahraga.

Latihan Soal

Kita telah mencatat banyak siswa yang mengalami luka-luka. Ayo buat poster agar siswa lebih berhati-hati.

Penyusunan Data

Mastoni telah meminta teman-teman sekelasnya untuk melingkari kata ikan dan/atau burung, apakah mereka mempunyai ikan dan/atau burung di rumah.

Berdasarkan pilihan yang di lingkari kelompok apa yang dapat mereka buat?

  1. Berapa banyak siswa yang membuat 2 lingkaran dan apa nama kelompok tersebut?
  2. Berapa banyak siswa yang membuat 1 lingkaran dan apa nama kelompok tersebut?
  3. Kelompokkan siswa-siswa yang membuat 1 lingkaran menjadi kelompok siswa yang mempunyai ikan dan kelompok siswa yang mempunyai burung. Berapa banyak siswa yang ada di setiap kelompok tersebut?
  4. Berapa banyak siswa yang tidak membuat lingkaran dan apa nama kelompok tersebut?

Materi Bahasa Indonesia
Pada materi Bahasa Indonesia kali ini kita akan bersama-sama membaca teks yang berjudul Garuk Garuk halaman 183 dan akan besama-sama mengamati dan mencermati isi cerita tersebut. Perhatikan masalah yang dialami tokoh-tokohnya. Setelah itu, salin dan lengkapi tabel berikut ini ke buku tulis kalian. 
Judul Cerita ?
Tokoh Utama ?
Tokoh Pendukung ?
Hal yang diinginkan atau tidak diinginkan tokoh utama ?
Alasan tokoh menginginkannya ?
Tindakan yang dilakukan tokoh  untuk mencapai keinginannya ?
Hal yang membuat tokoh tidak mendapatkan keinginannya ?
Apakah tokoh berhasil mencapai keinginannya? Jelaskan !

Kesimpulan 
Alhamdulillah hari ini ini kita semua sudah mempelajari tentang materi sikap gotong royong dan mencermati tokoh dalam cerita, semoga kalian semua mudah dalam memahami materi yaa...

Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami yaa, Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok  yaitu  matematika dan Bahsa Indonesia
Semangat belajar 💪💪

0 komentar:

Posting Komentar