Hari/Tanggal : Selasa, 23 April 2024
Kelas : 4A
Mapel : Matematika & Bahasa Indonesia
Capaian Pembelajaran Matematika :
Pada akhir fase B, peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasikan data dalam bentuk tabel, digram gambar, piktogram, diagram garis dan diagram batang (Skala satu satuan).
① peserta didik menganalisis data banyaknya benda menggunakan turus dan hasil pengukuran benda dalam diagram batang dengan tepat. dan dapat mengkaitkan manfaat diagram batang dengan kejadian yang sehari-hari dengan tepat.
👉👉Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia
v Peserta didik dapat menyebutkan permasalahan yang dialami tokoh di dalam cerita;
v Peserta didik dapat menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks;
v Peserta didik dapat membedakan informasi fakta dan opini; dan Peserta didik dapat menulis dengan struktur awal-tengah-akhir menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Tujuan Pembelajaran :
- Melalui kegiatan membaca teks “Garuk-Garuk”, peserta didik mampu membaca nyaring dengan pengucapan yang baik.
- Melalui mencermati isi teks, peserta didik dapat mengidentifikasi dan menyebutkan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita.
Penyusunan Tabel
Berikut adalah catatan kecelakaan di 2 sekolah.
Ayo ringkas data pada kedua tabel agar mudah dibaca dan selidiki kecelakaan yang terjadi di sekolah.
Di mana kecelakaan yang sangat sering terjadi?
Jawaban :
Banyaknya kecelakaan di lapangan Sekolah A = 3
Banyaknya kecelakaan di lapangan Sekolah B = 3
Banyaknya kecelakaan di Koridor Sekolah A = 2
Banyaknya kecelakaan di Koridor Sekolah B = 1
Banyaknya kecelakaan di Ruang Kelas Sekolah A = 2
Banyaknya kecelakaan di Ruang Kelas Sekolah B = 3
Banyaknya kecelakaan di Ruang Olahraga Sekolah A = 4
Banyaknya kecelakaan di Ruang Olahraga Sekolah B = 3
Banyaknya kecelakaan di Tangga Sekolah A = 0
Banyaknya kecelakaan di Tangga Sekolah B = 1
Jadi, kecelakaan yang sangat sering terjadi yaitu di Ruang Olahraga.
Latihan Soal
Kita telah mencatat banyak siswa yang mengalami luka-luka. Ayo buat poster agar siswa lebih berhati-hati.
Penyusunan Data
Mastoni telah meminta teman-teman sekelasnya untuk melingkari kata ikan dan/atau burung, apakah mereka mempunyai ikan dan/atau burung di rumah.
Berdasarkan pilihan yang di lingkari kelompok apa yang dapat mereka buat?
- Berapa banyak siswa yang membuat 2 lingkaran dan apa nama kelompok tersebut?
- Berapa banyak siswa yang membuat 1 lingkaran dan apa nama kelompok tersebut?
- Kelompokkan siswa-siswa yang membuat 1 lingkaran menjadi kelompok siswa yang mempunyai ikan dan kelompok siswa yang mempunyai burung. Berapa banyak siswa yang ada di setiap kelompok tersebut?
- Berapa banyak siswa yang tidak membuat lingkaran dan apa nama kelompok tersebut?
0 komentar:
Posting Komentar