Hari/Tanggal : Selasa, 20 February 2024
Kelas : 4A
Mapel : Matematika & Bahasa Indonesia
Capaian Pembelajaran Matematika :
Pada akhir Fase B, Siswa dapat memahami cara membaca dan menulis bilangan desimal sampai tempat desimal ketiga
①Pahami bahwa panjang 1 m dibagi menjadi 10 bagian yang sama direpresentasikan sebagai 0,1 m, dan 0,1 m dibagi menjadi 10 bagian yang sama direpresentasikan sebagai 0,01 m, mengetahui cara membaca dan menulisnya
👉👉Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia
Peserta didik mampu mengidentifikasi dan memahami kata-kata baru pada teks; Peserta didik dapat menyampaikan pendapat tentang isi dan ilustrasi teks; Peserta didik dapat memahami kejadian dan perubahan perasaan tokoh dalam cerita; dan Peserta didik dapat menggunakan kalimat efektif
Tujuan Pembelajaran :
v Peserta didik dapat mengidentifikasi dan memahami kata-kata baru pada teks;
v Peserta didik dapat menyampaikan pendapat tentang isi dan ilustrasi teks;
v Peserta didik dapat memahami kejadian dan perubahan perasaan tokoh dalam cerita; dan Peserta didik dapat menggunakan kalimat efektif
Luas biasanya diukur dalam satuan persegi, seperti satuan persegi meter atau satuan persegi sentimeter, tergantung pada sistem pengukuran yang digunakan.
Penting untuk memahami bahwa konsep luas tidak hanya berlaku untuk bidang geometris tertentu.
Akan tetapi juga dapat diterapkan pada berbagai bentuk lainnya.
Yuk, simak pembahasan soal Latihan tentang luas berikut ini!
Latihan tentang Luas
Luas dalam matematika mengacu pada bangun datar atau ukuran dua dimensi dari suatu objek.
Luas biasanya diukur dalam satuan persegi, seperti satuan persegi meter atau satuan persegi sentimeter, tergantung pada sistem pengukuran yang digunakan.
Penting untuk memahami bahwa konsep luas tidak hanya berlaku untuk bidang geometris tertentu.
Akan tetapi juga dapat diterapkan pada berbagai bentuk lainnya.
Yuk, simak pembahasan soal Latihan tentang luas berikut ini!
Latihan tentang Luas
1. Di antara satuan-satuan: cm2, m2, a ha, km2, mana yang sebaiknya digunakan untuk menyatakan luas daerah berikut?
1. Luas lapangan sekolah
Jawaban: m2
2. Luas buku catatan
Jawaban: cm2
3. Luas negara Indonesia
Jawaban: km2
4. Luas Sawah
Jawaban: a
2. Ayo menghitung luas dari gambar berikut.
Jawaban:
1. Persegi panjang
L = Panjang x Lebar
L = 15 x 5
L = 75 cm2
Ayo menggambar persegi panjang dengan luas 60 cm2 dengan menentukan panjang dan lebarnya.
Jawaban: Siswa bisa menggambarkan persegi panjang sendiri dengan rincian panjang dan lebar sebagai berikut:
a. Panjang = 5 cm
Lebar = 12 cm
b. Panjang = 4 cm
Lebar = 15 cm
c. Panjang = 6 cm
Lebar = 10 cm
Materi Bahasa Indonesia
Kalimat Efektif
Kalimat efektif adalah kalimat yang disusun sesuai kaidah-kaidah kebahasaan
yang berlaku. Susunan kata, ejaan, tanda baca, atau strukturnya harus sesuai
dengan kaidah bahasa Indonesia.
Ciri-ciri kalimat efektif adalah:
• mengikuti aturan ejaan bahasa Indonesia;
• memiliki unsur kalimat (setidaknya subjek dan predikat) yang digunakan dengan
tepat;
• hemat kata, tidak bertele-tele; dan
• pesan yang disampaikan jelas, tidak membingungkan.
Kalimat Tidak Efektif
Kalimat tidak efektif adalah susunan kalimat yang penggunannya terlalu berlebihan.
Kalimat tidak efektif selalu berbelit-belit dalam penyampaian pesannya. Dalam
susunan kalimat tidak efektif, sering ditemui penggunaan ejaan dan struktur bahasa
yang salah.
Latihan
Pilihlah 3 kata dari teks “Raja Ampat”, kemudian buatlah 3 kalimat efektif
menggunakan kata-kata pilihan kalian tersebut!
0 komentar:
Posting Komentar